Mahasiswa Pascasarjana FKp Unair Mendapat Pelatihan Online Research Management

  • By USINers
  • In Ners News
  • Posted 25 Februari 2020

NERS NEWS - Di Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (FKp Unair), setiap mahasiswa mempunyai kewajiban melakukan publikasi penelitian. Khusus mahasiswa S2 dan S3, kriteria jurnal ilmiah yang dituju harus pada jurnal internasional bereputasi. Hal itu disampaian Ibu Dr. Tintin Sukartini, S.Kp,M.Kes yang mewakili Dekan FKp Unair dalam sambutan pembuka kegiatan pelatihan Online Research Management (ORM), yang berlangsung di Ruang Florence pada hari Selasa (25/02/2020) pukul 08.00 WIB.

Lebih lanjut dijelaskan, supaya sasaran tersebut dicapai, maka Prodi Magister FKp Unair memfasilitasi mahasiswa/i dengan pelatihan ORM yang akan memperkenalkan beberapa perangkat daring yang sangat membantu proses penelitian, penulisan dan publikasi.

“Kami sangat berharap, mahasiswa/i sekalian bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. Kami terus berupaya untuk memfasilitasi semua kebutuhan mahasiswa/i, tinggal dimanfaatkan saja,” pungkas Kaprodi Magister FKp Unair tersebut.

Pelatihan ini terselenggara atas kerja sama dengan Lembaga Perpustakaan Unair. Narasumber yang memberikan pelatihan berasal dari Divisi Pelatihan dan Pengembangan Perpustakaan Unair, Ibu Ani Sistarina, S.Sos, S.Kom.

“Selain pelatihan seperti ini, kami di Perpustakaan Unair sangat terbuka untuk membantu mahasiswa sekalian dalam hal pencarian jurnal hingga urusan publikasi,” terangnya sekaligus menanggapi harapan pimpinan FKp Unair.

Setelah seremonial pembukaan, Ibu Ani langsung menjelaskan konsep umum tentang ORM. Secara garis besar, terdapat tiga bagian yang bisa dilakukan dengan bantuan ORM ini, yaitu untuk menganalisis tren riset terkini; strategi penelusuran referensi; dan tata cara mengirim tulisan ke jurnal.

Ketiga proses tersebut bisa dilakukan dengan mudah, apalagi Perpustakaan Unair sudah melanggan berbagai pusat data pengindeks jurnal internasional bereputasi. Civita academica Uniar bisa mengakses semua layanan tersebut secara gratis lewat website Perpustakaan Unair.

Analisis tren riset bisa dilakukan di berbagai mesin pengindeks seperti Scopus, Google Scholar, Garuda, Sinta, dll. Tren riset terkini sangat membantu seorang calon peneliti untuk menentukan topik apa yang sebaiknya akan dijadikan landasan penelitian.

Strategi penelusuran jurnal penelitian agak berbeda tiap mesin pengindeks. Karena itu, mahasiswa perlu mengenal berbagai sumber data elektronik yang tersedia; mengetahui metode pencarian seperti penggunaan Booelan Operator; dan cara akses untuk mendapatkan artikel secara lengkap.

Ketika hendak melakukan publikasi, mahasiswa juga bisa mencari jurnal yang sekiranya cocok dengan artikel yang sudah tersedia dengan bantuan perangkat daring seperti Journal Finder. Hanya dengan memasukan judul, abstrak, dan kata kunci; maka mesin akan memberikan pilihan jurnal mana yang memiliki peluang untuk menerima artikel tersebut.

Pelatihan yang berakhir pukul 10.00 WIB itu diikuti dengan antusias oleh mahasiswa pascasarjana FKp Unair. Gloria Latuperissa, salah seorang peserta mengaku senang karena mendapatkan informasi yang bermanfaat. “Semoga nanti ada lagi pelatihan yang gratis dan bermanfaat seperti ini,” katanya berharap.

Penulis: Saverinus Suhardin (Mahasiswa Magister Keperawatan)

 

Pin It
Hits 446

Terpopuler