GEMAS GEN CORPS FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS AIRLANGGA

  • By Adelya Putri
  • In Ners News
  • Posted 14 September 2020

NERS NEWS – Green Nursing Corps (GEN Corps) Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga melaksanakan agenda GEMAS pada hari Selasa (8/9/2020). GEN Corps merupakan organisasi mahasiswa FKp Unair yang bergerak dalam bidang pengkaji lingkungan dan medis yang berfokus pada lingkup keperawatan. Sedangkan GEMAS (Gerakan Mahasiswa Sehat) merupakan salah satu program kerja GEN Corps yang berupa latihan rutin yang dilaksanakan untuk mempersiapkan anggota GEN Corps dalam mengikuti perlombaan tentang alam dan untuk menjaga kebugaran fisik.

Kegiatan GEMAS pertama kali diadakan pada bulan Februari tahun 2020. Kegiatan ini rutin dilakukan satu kali setiap bulannya. GEMAS tidak hanya dihadiri oleh anggota dari GEN Corps saja, melainkan dibuka untuk seluruh Civitas Akademika Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga.

Sebelum adanya pandemi, GEMAS dilaksanakan dengan melakukan olahraga bersama di lingkungan FKp Unair. Contohnya yaitu senam bersama, jogging, bersepeda mengelilingi kampus C Unair, dan bermain badminton. Namun, karena situasi saat ini yang masih belum kondusif karena pandemi, kegiatan ini dilaksanakan secara daring. Mekanismenya yaitu perwakilan anggota aktif GEN Corps akan membuat video olahraga yang selanjutnya akan di upload di youtube GEN Corps setiap bulannya.
Anjelpi, mahasiswa Fakultas Keperawatan angkatan 2018, yang juga merupakan ketua pelaksana dari GEMAS mengungkapkan kesannya terkait pelaksanaan GEMAS bulan ini.

“Untuk kesannya, tentu tidak semudah melakukan GEMAS sebelum pandemi karena pada saat pandemi seperti ini, niat untuk melakukan olahraga sangat kurang. Terlebih kita tidak leluasa lagi untuk berolahraga secara bersama-sama ataupun keluar rumah”, ujar Anjelpi.

Anjelpi juga mengatakan bahwa dirinnya harus mengubah konsep yang sebelumnya sudah disusun secara matang.
“Mekanisme GEMAS yang sudah disusun secara matang akhirnya harus diubah lagi, sesuai dengan anjuran protokol kesehatan”, ujar Anjelpi selaku ketua pelaksana GEMAS.

Anjelpi berpesan kepada para mahasiswa agar selalu berolahraga secara mandiri untuk menjaga kesehatan tubuh di tengah pandemi ini.
“Walaupun kita belum bisa melakukan kegiatan GEMAS secara offline tetapi kita tetap harus berolahraga untuk kembali menyegarkan kondisi fisik dan menjaga kesehatan tubuh di tengah pandemi ini”, ujar Anjelpi.

Penulis : Miftakhul Qorni Isna (Airlangga Nursing Journalist)
Editor : Risky Nur Marcelina (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 26

Terpopuler