KASUS 2020 “ PERAN AKTIF MAHASISWA KEPERAWATAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19”

  • By Risky Nur Marcelina
  • In Ners News
  • Posted 20 September 2020

NERS NEWS –Tahun ini, Departemen KASTRAD BEM Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga kembali mengadakan kegiatan Kajian Isu Strategis (KASUS). KASUS yang bertema “Peran Aktif Mahasiswa Keperawatan ditengah Pandemi Covid-19” ini berhasil dilakukan dengan lancar. KASUS tahun ini diadakan secara online melalui zoom meeting pada hari Minggu (20/09/2020).

Kegiatan ini merupakan forum diskusi yang memfasilitasi mahasiswa Fakultas Keperawatan  Universitas Airlangga untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan cara menyampaikan pendapat terhadap isu yang terjadi di dunia terutama di Indonesia terkait dengan pandemi Covid-19.

Melania Natalia Tia Darmiati selaku ketua pelaksana KASUS 2020 sekaligus Staff Departemen KASTRAD BEM FKp Unair mengungkapkan untuk persiapan kegiatan ini mulai dari menentukan siapa yang akan menjadi panitia acara. Kemudian, setelah terbentuknya panitia, disusunlah struktur acara dari tema kegiatan yang terdiri atas menentukan tema desain, menyusun target peserta, memilih pemateri, menentukan jadwal agenda rapat dan mekanisme pelaksanaan saat hari-H.

“Kendala saat pelaksanaan yaitu karena ini adalah suatu bentuk kajian diskusi dan suatu bentuk aksi yang biasanya pada tahun tahun sebelumnya dilakukan secara offline, dikarenakan ada pandemi ini sehingga mengharuskan acaranya untuk dilakukan secara online atau virtual. Kendala yang pertama ialah koneksi, sinyal, jaringan, dimana kita berada diberbagai belahan tempat di nusantara yang tidak sama setiap jaringamnya sehingga menyebabkan adanya kendala sinyal. Lalu yang kedua, adanya komunikasi yang kurang efektif dimana karena semua komunikasi dilakukan secara online mulai dari telfon, fc, vc, sampai menggunakan aplikasi zoom atau gmeet. Kendala yang terakhir ialah waktu persiapan yang sangat singkat dengan kepadatan jadwal setiap mahasiswa FKp yang menjadi panitia mengharuskan untuk melakukan nya secara efektif dan sesingkat mungkin waktunya sehingga masih ada beberapa kendala yang luput terpikirkan oleh beberapa sie panitia”, ujar Melania.

Pemateri dari ILMIKI, Tika Rahmawati, S.Kep. selaku SEKJEN ILMIKI tahun 2019-2021, mengisi acara dengan baik sehingga acara cukup diminati oleh Mahasiswa FKp Unair. Acara ini terdiri atas pembukaan yang diisi dengan doa, penyampaian jargon dan sambutan-sambutan. Lalu dilanjutkan dengan pemaparan materi dan dilakukan sesi diskusi. Pada sesi diskusi peserta dibagi menjadi dua kelompok dengan peran pro dan kotra atas kasus yang telah diberikan. Disini mahasiswa memberikan argumentasi mengenai sudut pandang mereka terkait tema acara. Dan terakhir dilanjutkan dengan kesimpulan dari moderator, penyerahan plakat, dokumentasi, dan penutup.

“Harapannya acara ini bisa menjadi sebuah wadah pembuka bagi mahasiswa fakultas Keperawatam Unair agar lebih mampu dan berani menyampaikan pendapatnya di depan umum dan di forum ilmiah serta dapat menjadi stressor pembuka dalam proses berfikir kritis di tengah pandemi Covid-19. Semoga acara kasus seperti ini berupa kajian bisa lebih sering diadakan dalam satu semester atau satu tahun beberapa kali agar lebih banyak wadah mahasiswa FKp Unair untuk menambah kemampuan berpikir kritis di tengah pandemi ini” ujar Melania Natalia Tia Darmiati selaku ketua pelaksana KASUS 2020 sekaligus Staff Departemen KASTRAD BEM FKp Unair.

Penulis: Umi Maghfiroton Fitri (Airlangga Nursing Journalist)

Editor: Risky Nur Marcelina (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 190

Terpopuler