Cegah Resiko Gangguan Sirkulasi Darah Pada Kaki, FKp UNAIR Melaksanakan Pengabdian Masyarakat Pelatihan Buerger Exercise dan Edukasi Perawatan Kaki

  • By USINers
  • In Ners News
  • Posted 25 September 2020

NERS NEWS - Diabetes Melitus dan Hipertensi merupakan penyakit kronis yang membutuhkan perawatan berkelanjutan sebagai upaya untuk mengendalikan kadar gula darah dan tekanan darah, jika tidak terkontrol dengan baik maka beresiko tinggi mengalami gangguan aliran pada pembuluh darah terutama pada kaki. Bertempat di Yayasan Hargodedali Surabaya, tim dosen Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga yang terdiri dari Ika Nur Pratiwi, S.Kep., Ns, M.Kep, Lingga Curnia Dewi, S.Kep., Ns., M.Kep dan DR. Ika Yuni W, M.Kep., Ns., Sp. Kep.MB serta dibantu oleh 3 orang mahasiswa melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat kepada penderita Hipertensi dan Diabetes Melitus. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu 22-23 September 2020 dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan himbauan pemerintah. Seluruh peserta yang hadir wajib menggunakan masker dan faceshield yang telah disediakan oleh tim serta dilakukan pengukuran suhu tubuh sebelumnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh ketua yayasan Hargodedali Dra. Endang Sinar Gijanti sekaligus membuka acara tersebut. Pemaparan materi disampaikan langsung oleh tim pengmas yang terdiri dari edukasi terkait perawatan kaki untuk penderita diabetes dan hipertensi dan pelatihan buerger exercise. Latihan buerger exercise untuk meningkatkan sirkulasi aliran darah ke kedua kaki dengan memanfaatkan kekuatan gaya gravitasi yang diaplikasikan oleh otot halus pembuluh darah dan sistem vaskular pada posisi yang berbeda terdiri dari tiga langkah gerakan yang mudah untuk diaplikasikan. Dikombinasikan dengan merawat kaki pada punggung, telapak, sisi-sisi dan sela-sela jari kaki, mampu mencegah kelainan bentuk kaki dan agar kaki dapat bergerak dengan bebas.

Melalui pemaparan dari tim disertai video yang interaktif, membuat antusiasme peserta tinggi terlihat dari banyaknya peserta yang aktif bertanya dan bersedia untuk menjadi volunteer mempraktikan latihan buerger exercise didepan seluruh peserta. Sebelum dan sesudah dilaksanakan penyuluhan, dilakukan pemeriksaan tekanan darah kepada seluruh peserta dan penggalian pemahaman seputar materi yang akan disampaikan. Ibu Dra Endang selaku ketua yayasan berharap latihan ini akan rutin diaplikasikan oleh peserta, terutama di era pandemi ini dimana kita dihimbau untuk tetap dirumah saja dan dapat melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk kesehatan.

Penulis: Ika Nur Pratiwi, S.Kep.Ns., M.Kep.

Pin It
Hits 52

Terpopuler