PKM IHEC Fakultas Keperawatan UNAIR

  • By Titis Nurmalita Dianti
  • In Ners News
  • Posted 28 September 2020

NERS NEWS – Pekan Keperawatan Muslim dan Islamic Health Essay Competition (PKM IHEC) FKp telah dilaksanakan pada hari Minggu (27/9/2020). Acara tersebut dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom. PKM IHEC terdiri dari dua kegiatan, yaitu lomba esai tingkat nasional dan seminar keperawatan muslim nasional. Tema yang diangkat pada acara tersebut adalah “Optimalisasi Generasi Madani dalam Penatalaksanaan Paliatif Care di Era Industri 4.0”.

PKM memberi kesempatan mahasiswa keperawatan untuk mengikuti seminar nasional Pekan Keperawatan Muslim. PKM dapat menjadi bekal untuk meningkatkan peran mahasiswa dalam peningkatan kompetensi caring sebagai seorang perawat terutama mengenai perawatan paliatif melalui pengembangan asuhan spiritual yang dapat diimplementasikan saat menangani pasien. Selain itu, IHEC diselenggarakan untuk memberi kesempatan mahasiswa seluruh Indonesia terutama Mahasiswa Keperawatan Universitas Airlangga yang memiliki minat dan bakat untuk membuat esai ilmiah. PKM IHEC juga bertujuan agar mahasiswa FKp Unair termotivasi untuk mengikuti perlombaan atau kompetisi baik tingkat fakultas, universitas, nasional, maupun internasional.

“Kami sebagai mahasiswa keperawatan ingin memberikan solusi berupa seminar Keperawatan Muslim dan pembuatan esai yang dikenal dengan Islamic Health Essay Competition (IHEC) kepada mahasiswa keperawatan”, jelas Muhammad Naufal Falakhi selaku Ketua Panitia PKM IHEC.

PKM IHEC telah diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai daerah. Acara tersebut merupakan acara tahunan yang diselenggarakan secara offline, tetapi melihat kondisi saat ini acara tersebut diselenggarakan secara daring.

“Kegiatan kami ini mulanya offline kemudian diganti secara daring karena situasi Covid-19 yang tidak memungkinkan untuk dilaksanakan secara offline”, terang Muhammad Naufal Falakhi selaku Ketua Panitia PKM IHEC.

Acara PKM dibuka oleh Prof. Dr. Nursalam, M. Nurs (Hons) Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga. Kemudian, dilanjutkan materi Peran Perawat dalam Pemenuhan Spiritual Palliative Care, Konsep Palliative Care dalam Penatalaksanaan di bidang keperawatan yang disampaikan, dan Aplikasi Palliative Care Berbasis Spiritual dalam Praktik Keperawatan.

“Alhamdulilah acara seminar pada kali ini sangat lancar, para peserta antusias dalam bertanya. Semoga ilmu yang didapat tidak hanya disimpan, tetapi juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari”, harap Muhammad Naufal Falakhi selaku Ketua Panitia PKM IHEC.

Penulis : Khoirunnisa Suhandarini (Airlangga Nursing Journalist)
Editor : Titis Nurmalita Dianti (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 68

Terpopuler