SPOKEN 2020, Critical Care Seminar Session : Kegawatdaruratan Sistem Kardiovaskuler

  • By Risky Nur Marcelina
  • In Ners News
  • Posted 29 September 2020

NERS NEWS – Telah diadakan Seminar Profesi Keperawatan Nasional (SPOKEN) oleh Departemen Pendidikan dan Profesi BEM Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga pada Sabtu (26/09/2020). Kegiatan ini dilakukan secara daring via zoom meeting dan berkolaborasi dengan pelaksanaan Sidang Tahunan X ILMIKI.

SPOKEN adalah Seminar Profesi Keperawatan yang diikuti oleh masyarakat umum dan mahasiswa kesehatan di seluruh Indonesia dengan tema "Critical Care Seminar session :  Kegawatdaruratan Sistem Kardiovaskuler" yang materinya disampaikan oleh Prof. Dr. Nursalam M.Nurs (Hons) dan Harmayetty, S.Kp., M.Kes.

Nabilla Farhana selaku ketua pelaksana dari SPOKEN mengatakan bahwa persiapan kali ini cukup panjang. Persiapan dimulai dari bulan Maret sampai September. Rapat offline hanya dilakukan satu kali. Dikarenakan adanya pandemi, agenda rapat selanjutnya dilakukan via daring.

“Untuk kendala tentu ini pertama kalinya kita melakukan sidang tahunan dan seminar via online, jadi sinyal tidak tentu dan tampilan yang patah-patah itu jadi kendala, sama terjadi salah paham juga pernah terjadi”, ujar Nabilla Farhana.

Kegiatan ini dimulai dengan registrasi peserta, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu (yang terdiri atas: Indonesia Raya, Hymne Airlangga, Mars PPNI dan Mars ILMIKI), sambutan sambutan (oleh Ketua Panitia ST X SPOKEN, Ketua BEM FKp UNAIR, SEKJEND ILMIKI, Dekan Fakultas Keperawatan UNAIR). Berikutnya dilakukan pre test, penyampaian materi, sesi diskusi, dan post test. Acara kemudian ditutup dengan dokumentasi dan dilanjutkan oleh serangkaian acara Sidang Tahunan X ILMIKI.

“Kesannya seru banget dan  expect bakal online sih sebenarnya dan pengalaman baru juga buat aku untuk belajar bagaimana caranya mengadakan webinar via online ternyata tidak semudah yang dibayangin heheh. Karena keterbatasan kuota juga, bahkan pendaftaran SPOKEN hanya dibuka selama 6 jam karena banyaknya pendaftar yang masuk. Pesannya semoga teman-teman bisa terus belajar dan banyak mengambil kesempatan untuk mengikuti webinar-webinar yang diadakan oleh instansi manapun meski di rumah aja, agar bisa tetap mendapatkan ilmu”, ucap Nabilla Farhana.

Diharapkan semoga peserta dapat mengambil banyak ilmu dan bisa menerima materi yang telah disampaikan dari kegiatan ini dengan baik. Juga kegiatan ini dapat diteruskan pada tahun-tahun berikutnya.

Penulis : Umi Maghfiroton Fitri (Airlangga Nursing Journalist)
Editor : Risky Nur Marcelina (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 48

Terpopuler