LAKSAMANA GENCORPS FKP UNAIR

  • By Risky Nur Marcelina
  • In Ners News
  • Posted 06 Oktober 2020

NERS NEWS – Green Nursing Corps (GEN Corps) Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga mengadakan LAKSAMANA (Latihan dan Aksi Bersama) pada hari Sabtu dan Minggu (4-5/10/2020). Acara yang bertajuk “How to Safe Life with BLS? Legal Etik dan Tatalaksana dalam Bantuan Hidup Dasar” ini terbuka untuk umum.

LAKSAMANA merupakan program kerja baru dari Divisi Kaderisasi GEN Corps. LAKSAMANA sendiri adalah agenda pelatihan yang diselenggarakan oleh GEN Corps dan bekerja sama dengan Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia (HIPGABI). Acara ini bertujuan sebagai ajang latihan bersama baik untuk anggota GEN Corp, civitas akademika Unair, maupun masyarakat umum dengan pemateri yang berkompeten. LAKSAMANA diselenggarakan selama dua hari, yaitu tanggal 3 Oktober untuk webinar dan tanggal 4 Oktober untuk workshop.

LAKSAMANA sebenarnya diagendakan secara offline, namun karena situasi masih belum kondusif maka diputuskan untuk dilakukan secara online. Dalam webinar yang diselenggarakan di hari pertama, LAKSAMANA menghadirkan dua pemateri yang luar biasa yaitu Bapak Purwoko Sugeng Harianto S.Kep., Ns.,M.Kep. selaku Wakil Ketua Divisi Pendidikan dan Pelatihan HIPGABI Jawa Timur, serta Bapak Husnul Huda S.Kep., Ns., M. H. Kes. selaku anggota Divisi Hukum dan Pemberdayaan Politik HIPGABI Jawa Timur. Kemudian, pada hari kedua diselenggarakan workshop bersama Hakim Zulkarnain S.Kep., Ns., MSN selaku narasumber.

Webinar menyasar kalangan masyarakat umum, baik pelajar, yang sudah lulus atau bahkan bekerja. Untuk mekanisme webinar hampir sama dengan webinar pada umumnya. Sedangkan untuk workshopnya dilakukan setelah webinar. Peserta workshop dibagi menjadi kelompok kecil kemudian mendiskusikan kasus yang telah disiapkan oleh panitia dan mempresentasikan hasil diskusinya pada LAKSAMANA hari kedua tanggal 4 Oktober.

Walaupun masih perdana, LAKSAMANA GEN Corps ini bisa dibilang sukses, seperti yang disampaikan oleh Erlina Nurhayati selaku ketua pelaksana
“ Acara ini tidak akan berjalan dengan lancar tanpa dukungan dari panitia GEN Corps serta antusiasme dari peserta yang sangat luar biasa.”, ujar Erlina selaku ketua pelaksana.

Ia juga berharap acara ini dapat memberikan manfaat khususnya bagi masyarakat. “Semoga bisa bermanfaat setelah mendapatkan pelatihan dan dapat diterapkan di masyarakat.”, pungkas Erlina.

Penulis : Miftakhul Qorni Isna (Airlangga Nursing Journalist)
Editor : Risky Nur Marcelina (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 95