Kajian SPIRIT SKINNers FKp Unair untuk Mengkaji Isu-Isu Terkini Berdasarkan Pandangan Islam

  • By Ida Sholihatun Nisa
  • In Ners News
  • Posted 06 Oktober 2020

NERS NEWS – SKINNers Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga telah menyelenggarakan Sarana Perbaikan Rohani dan Ilmu Terkini (SPIRIT) Senin malam, (5/10/2020). Acara tersebut dilaksanakan daring melalui pertemuan virtual Zoom Cloud Meeting. SPIRIT dilaksakan selama kurang lebih dua jam.

SPIRIT merupakan proker dari SKINNers sebagai ormawa FKp Unair yang bergerak di bidang keagamaan. Acara tersebut mengkaji permasalahan yang berkaitan dengan akidah, akhlak manusia, sejarah, dan isu – isu terkini tentang Agama Islam hingga profesi keperawatan.

Tujuan dari acara SPIRIT adalah untuk mengajak civitas akademika Unair dan masyarakat umum untuk sama – sama belajar ilmu agama, mengkaji permasalahan terkini dalam kacamata Islam , dan menerapkan amar makruf nahi munkar. Hal tersebut dianggap penting mengingat banyak masyarakat yang kurang memberikan perhatian terhadap hal tersebut.

“Pada masa pandemi ini, SPIRIT lebih menekankan untuk mengangkat masalah yang sering terjadi di sekitar kita. Alhamdulillah, banyak yang tertarik untuk mengikutinya dengan media Zoom meeting”, ujar Hisan Badruzzaman PJ Acara SPIRIT.

Acara tersebut diikuti oleh peserta di rumah masing-masing. SPIRIT diikuti oleh lebih dari 130 peserta. Terjadi penigkatan jumlah peserta yang signifikan dari kajian sebelumnya. SPIRIT juga berkolaborasi dengan Airlangga Hijrah. Sehingga, banyak peserta yang berasal dari luar mahasiswa Unair untuk ikut bergabung dalam acara tersebut.

Acara SPIRIT diisi oleh pemateri alumni Fakultas Sains dan Teknologi Unair M. Fairuzzuddin Zuhair yang juga merupakan Wapres BEM Unair tahun 2018. M. Fairuzzuddin Zuhair juga seorang wirausahawan muda dan juga pernah memperoleh Bronze Medal pada PIMNAS 2019. Setelah pemberian materi acara tersebut dilanjutkan diskusi yang dilaksanakan via daring. Peserta diberi kesempatan untuk bertanya mengenai tema kajian pada acara tersebut. Selain itu, panitia juga menyediakan kuis bagi peserta sehingga dapat memancing peserta untuk lebih aktif.

“Acara berlangsung cukup lancar dan peserta terlihat antusias ditambah dengan adanya kuis peserta menjadi lebih aktif saat acara”, jelas Hisan Badruzzaman PJ Acara SPIRIT. Panitia berharap SPIRIT bisa terus menyelenggarakan kajian yang lebih bermutu ke depannya dan dapat diikuti oleh lebih banyak mahasiswa.

Penulis: Khoirunnisa Suhandarini (Airlangga Nursing Journalist)
Editor: Ida Sholihatun Nisa’ (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 87

Terpopuler