BEM FKP UNAIR MENGADAKAN FORUM DISKUSI PUBLIK MENGENAI PERAN PERAWAT DALAM PENANGANAN GANGGUAN JIWA DI ERA GENERASI MILLENIAL

  • By Risky Nur Marcelina
  • In Ners News
  • Posted 12 Oktober 2020

NERS NEWS – Forum Diskusi Publik (DISPUB) yang diadakan oleh BEM FKP Unair  telah kembali digelar dengan tema “Peran Keperawatan Dalam Penanganan Gangguan Jiwa di Era Generasi Millenial”. Kegiatan ini terselenggara dengan lancar secara online pada Minggu (11/10/2020).

DISPUB merupakan forum diskusi publik mengenai pembahasan isu terkini atau isu yang masih terus berjalan. Isu yang dibahas merupakan isu yang mencakup masyarakat umum se-Indonesia. Pembahasan ini nantinya akan mendapatkan output atau hasil tujuan diskusi yang seirama.

Firda Yasmin Muntaz selaku ketua pelaksana mengatakan, kegiatan ini diperuntukkan  Mahasiswa Keperawatan Fakultas Keperawatan dan umum.
“Dari tanggal 10 Oktober kita mengupload twibbon yang dimana bertepatan dengan mental health. Kemudian pada tanggal 11, kita membahas tentang topik terkait hari kesehatan mental dunia”. Lanjutnya

Acara ini dimulai dengan persiapan panitia pada pukul 08.00 WIB. Tepat pada pukul 08.30 peserta mulai memasuki room seminar. Pembukaan dimulai pada pukul 09.00 WIB. Lalu pada pukul 09.15 WIB acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan oleh Ketua Panitia DISPUB 2020 yaitu Firda Yasmin Muntaz, Ketua BEM Fakultas Keperawatan UNAIR yaitu Asroful Hulam Zamroni, dan Dekan Fakultas Keperawatan UNAIR Prof. Dr. AH. Yusuf S, S.Kp., M.Kes.

Pada pukul 09.30 WIB, acara memasuki sesi penyampaian pengantar diskusi oleh moderator yaitu Masunatul Ubudiyah, S.Kep., Ns. Setelah itu, pada pukul 09.45 WIB dilangsungkan pemaparan materi pertama mengenai “Kondisi Generasi Milenial di Era Kini dan Pengkajian Mengenai Kejiwaan Milenial Dari Sudut Pandang Keperawatan Jiwa” yang disampaikan oleh Prof. Dr. AH. Yusuf S, S.Kp., M.Kes.

Setelah materi pertama selesai, pada pukul 10.30 WIB, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi kedua mengenai “Pengaruh Penggunaan Teknologi Terhadap Kondisi Kejiwaan Generasi Milenial” yang disampaikan oleh RR. Dian Tristiana, S.Kep., Ns., M.Kep.

“Setelah sesi penyampaian materi usai, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi bersama para peserta mengenai materi-materi yang telah disampaikan oleh pemateri sebelumnya pada pukul 11.15 WIB. Setelah diskusi selesai dan menemukan suatu titik temu dari permasalahan yang dibahas, pada pukul 12.15 WIB moderator membacakan kesimpulan. Kemudian pada pukul 12.25 WIB, acara dilanjutkan dengan dokumentasi atau foto bersama. Setelah semua acara selesai, pada pukul 12.30 WIB acara DISPUB 2020 ditutup oleh MC”, pungkas Firda.

Firda juga mengatakan, untuk persiapan sebenarnya sudah matang yang akan diadakan secara offline. Namun karena adanya pandemi, kegiatan ini akhirnya dilakukan secara online .

“Agak stuck sementara, tapi selanjutnya h-2 bulan itu akhirnya kami dari panitia mulai kerja kembali”, tambah Firda.

Firda mengharapkan untuk ke depan para peserta dapat memahami dan mengerti tentang materi yang telah disampaikan, serta bisa menjalankan peran sebagai perawat. Semoga untuk tahun depan kegiatan ini bisa terlaksana lebih baik lagi.

Penulis : Umi Maghfiroton Fitri (Airlangga Nursing Journalist)
Editor : Risky Nur Marcelina (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 119

Terpopuler