FKP MENGIKUTI ASSESMENT LAPANGAN DARING (ALD) DI ERA PANDEMI COVID-19 BERSAMA PERKUMPULAN LAM-PT Kes

  • By Titis Nurmalita Dianti
  • In Ners News
  • Posted 21 Oktober 2020

NERS NEWS – Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga mengikuti Assesment Lapangan Daring (ALD) pada hari Jumat-Minggu (16-18/10/2020). ALD ini dilakukan secara daring via platform zoom. ALD sendiri merupakan serangkaian proses akreditasi dari prodi S3 Keperawatan yang sedang dijalani oleh Fkp Unair.

Akreditasi sudah dimulai cukup lama. Kurang lebih setahun yang lalu, sudah diawali dengan pengisian borang secara online oleh setiap prodi. Borang yang diisi yaitu borang program studi dan borang unit pengelola program studi. Setelah itu dievaluasi oleh Tim Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes).

Setelah dievaluasi dan nilainya dirasa cukup maka akan dilanjukan pada tahap ALD. ALD dari prodi S3 keperawatan ini harusnya sudah terjadwal sekitar 7 bulan yang lalu. Namun, harus diundur karena kondisi pandemi Covid-19. Karena situasi yang masih belum kondusif, akhirnya ALD dilaksanakan secara daring.

Pada saat ALD berlangsung, dilakukan wawancara dengan para penanggung jawab borang dan disini borang terdiri dari tujuh standart. Selain itu juga dilakukan klarifikasi atas data data yang sudah dilaporkan oleh Fkp. Data tersebut meliputi laporan evaluasi diri baik borang 3A atau 3B, mewawancarai steak holder mulai dari mahasiswa, pengguna, serta para pembimbing baik dari puskesmas, rumah sakit, atau pembimbing dari luar negeri. Selain data tersebut juga dilakukan klarifikasi dari video yang sudah dibuat.

Ada banyak participant yang tergabung dalam ALD ini, mulai dari pimpinan universitas, fakultas, para penanggung jawab standart 1-7, para dosen, para pembimbing , mahasiswa , dan steak holder. Hasil akhir dari ALD ini yaitu pengumuman nilai akreditasi dari program studi S3 Keperawatan. Biasanya hasil ALD akan keluar setelah 2 minggu atau paling lama 1 bulan.

Melakukan ALD secara daring memang memiliki tantangan tersendiri, seperti yang diungkapkan oleh Ibu Dr. Ninuk Dian K., S. Kep.,Ns., MANP,

“Untuk pelaksanaan secara daring ini, hambatannya lebih pada masalah teknis saat berada di zoom nya, serta perbedaan waktu dari masing-masing wilayah karena ada pembimbing dari luar negeri.” Ujar Ibu Dr. Ninuk Dian K., S. Kep.,Ns., MANP.

Beliau menambahkan meskipun perdana, namun ALD ini tetap berjalan sebagaimana mestinya

“Alhamdulillah hambatan-hambatan yang ada masih bisa diatasi dengan baik, sehingga ADL ini dapat berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.” Ujar Ibu Dr. Ninuk Dian K., S. Kep.,Ns., MANP.

Penulis: Miftakhul Qorni Isna (Airlangga Nursing Journalist)
Editor : Titis Nurmalita Dianti (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 68