Penguatan PHBS Plus dalam Upaya Pencegahan Penyakit Tropis dan COVID-19 di Tambak Wedi Surabaya Jawa Timur

  • By USINers
  • In Ners News
  • Posted 26 Oktober 2020

NERS NEWS - Indonesia terletak antara 60 Lintang Utara sampai 110 Lintang Selatan dan juga antara 950 Bujur Timur sampai 1410 Bujur Timur. Letak astronomis tersebut mengakibatkan Indonesia memiliki iklim tropis. Letak astronomi tersebut menyebabkan Indonesia memiliki dua musim yaitu penghujan dan kemarau.  Curah hujan yang tinggi dengan rendahnya mutu sanitasi mengakibatkan munculnya berbagai penyakit. Penyakit infeksi tropis dibedakan menjadi tiga jenis yaitu infeksi oleh bakteri, virus dan parasit. Penyakit tropis meliputi: Demam Berdarah Dengue, Leptospirosis, Tuberculosis paru, kusta dll. Selain penyakit tropis yang selalu menjadi masalah di Indonesia, wabah COVID-19 juga melanda Indonesia yang menjadi wabah dunia.

PHBS (Pola Hidup Bersih Sehat) merupakan semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan serta memiliki peran aktif dalam aktivitas masyarakat. Tujuan PHBS adalah meningkatkan kualitas kesehatan melalui proses penyadartahuan yang menjadi awal dari kontribusi individu – individu dalam menjalani perilaku kehidupan sehari – hari yang bersih dan sehat .

PHBS plus merupakan modifikasi dari PHBS yang sudah dilaksanakan oleh pemerintah yaitu ditambahkan aspek psikologis dalam pelaksanaaanya. Aspek tersebut yaitu Bahagia, Bersyukur dan Ikhlas. Aspek psikologis yang baik atau positif akan mempermudah menerapkan PHBS di lingkungan masyarakat. Puskesmas Tambakwedi sudah mensosialisasikan program PHBS pada warga yang berada di wilayah kerja Puskesmas tersebut. Setiap ada kegiatan Puskesmas misal Posyandu balita, Posyandu Lansia, petugas Puskesmas dan kader kesehatan sudah memberikan pendidikan kesehatan PHBS kepada para warga yang datang berkunjung tetapi belum sepenuhnya kader dan keluarga paham untuk menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema penguatan PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) plus dalam upaya pencegahan penyakit tropis dan COVID-19 di wilayah kerja Puskesmas Tambak Wedi Surabaya adalah ceramah, diskusi dan simulasi untuk mengatasi masalah tersebut. Materi tentang PHBS telah dimodifikasi untuk orang awam dan disesuaikan dengan kondisi masyarakat di wilayah tersebut.  Tujuan metode ceramah yaitu memberikan pengetahuan dan pemahaman materi yang berhubungan dengan penyakit tropis meliputi: Demam Berdarah Dengue, Leptospirosis, Tuberkulosis paru, Kusta dan COVID-19. Tiap penyakit berisi pengertian, tanda gejala, pertolongan di rumah dan pencegahan. Materi lain yaitu PHBS Plus meliputi definisi, tujuan dan indikator.

Kegiatan diskusi bertujuan untuk bertukar pendapat antara tim pengabdi dan peserta. Kegiatan diskusi memudahkan tim pengabdi mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh kader kesehatan dan keluarga dalam menjalankan PHBS untuk mencegah penyakit tropis dan COVID-19. Simulasi berisi tentang praktik cuci tangan enam langkah sesuai standar WHO (World Health Organization) dan etika batuk bersin yang benar.

Hasil kegiatan pengabdian masyarakat berupa pendidikan kesehatan dengan topik Penguatan PHBS Plus dalam upaya pencegahan penyakit tropis dan COVID-19 menunjukkan terjadi peningkatan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan tindakan terhadap materi penyakit tropis, COVID-19, PHBS Plus, cuci tangan 6 langkah dan etika batuk bersin yang tepat. Hal tersebut terbukti sesuai dengan adanya perbedaan jumlah pre-test dan post-test. Hasil post-test menunjukkan mayoritas atau sebagian besar peserta kegiatan pengabdian masyarakat memilki skor pemahaman tentang penyakit tropis, COVID-19 dan PHBS plus adalah baik. Peningkatan terjadi signifikan pada kategori pemahaman dan pengetahuan tentang materi dengan kategori baik. Hasil post-test tindakan menunjukkan mayoritas peserta mampu melakukan tindakan cuci tangan yang benar enam langkah berdasarkan rekomendasi WHO, dan melakukan etika batuk bersin yang benar. Hasil wawancara ke beberapa peserta menunjukkan bahwa  peserta memiliki tambahan wawasan dan metode yang diterapkan sangat efektif untuk melatih keterampilan peserta dalam cuci tangan dan etika batuk bersin yang benar

Penulis: Lailatun Nimah

Pin It
Hits 89