IKA X BEM UNAIR GELAR KEGIATAN BERBAGI SEJUTA MASKER

  • By Ida Sholihatun Nisa
  • In Ners News
  • Posted 15 November 2020

NERS NEWS – Ikatan Alumni Universitas Airlangga menggelar kegiatan Berbagi Sejuta Masker pada hari Selasa (10/11/2020). Kegiatan ini berkolaborasi dengan BEM Universitas Airlangga.

Berbagi sejuta masker merupakan kegiatan pembagian masker secara gratis, yang dilakukan di Surabaya dan luar negeri. Beberapa negara yang melakukan event ini secara serentak yaitu diantarannya Inggris, London, Amsterdam, Jepang, Korea, dan Thailad, yang mana dilakukan oleh alumni yang sedang bekerja di sana. Acara ini sekaligus sebagai serangkaian acara dari Dies Natalis Unair ke 66.

Berbagi sejuta masker sudah mulai disiapkan dan dimulai pada tanggal 1 November kemarin. Dilakukan pembahasan dan diskusi melalui platform ZOOM. Kemudian pada tanggal 8 November dilakukan koordinasi dari pihak BEM untuk membahas terkait relawan yang dibutuhkan untuk terjun dalam berbagi sejuta masker.

Masker yang teman-teman bagikan berjumlah 1.356 masker. Goals yang ingin dicapai dari kegiatan tersebut, salah satunnya yaitu agar dapat memecahkan rekor muri. Namaun, karena bereberapa hal sangat disayangkan rekor tersebut belum bisa diperoleh kebali. Selain itu yang paling utama, kegiatan ini bertujuan untuk membagikan masker sekaligus mengedukasi tentang pentingnya penggunaan masker dan penerapan protokol kesehatan.

Pendistribusian masker dilakukan oleh teman-teman relawan yang berjumlah 150 mahasiswa di 50 titik yang ada di Surabaya. Beberapa titik yang dituju yaitu di pusat pelayanan kesehatan masyarakat kota Surabaya seperti RS al-Falah, RS Universitas Airlangga, RS Haji, Masjid Ampel, dan tempat fasilitas umum lainnya.

Victoria, mahasiswa Fakultas Keperawatan angkatan 2018, selaku koordinator lapangan dari kegiatan berbagi sejuta masker mengungkapkan kesannya dari kegiatan ini. “Saya sangat bangga sekaligus senang karena diberi mandate oleh Mas Aji dan dipercaya menjadi Koordinator Lapangan. Meskipun waktu untuk mempersiapkan segalanya cukup singkat, namun saya beryukur karena kegiatan dapat berjalan dengan lancar.” ujar Victoria.

Victoria juga mengungkapkan apresiasinya kepada teman-teman relawan. “Saya sangat mengapresiasi teman-teman relawan yang mau membantu mulai dari melakukan packing masker hingga turun ke jalan jalan di tengah teriknya kota Surabaya. Semoga apa yang dilakukan kita semua mendapat berkah dari Tuhan Yang Maha Esa. ” Ujar Victoria selaku koordinator lapangan

Penulis: Miftakhul Qorni Isna (Airlangga Nursing Journalist)
Editor: Ida Sholihatun Nisa’ (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 35