Pemilihan Umum Raya Diadakan Secara Online

  • By Ida Sholihatun Nisa
  • In Ners News
  • Posted 09 Desember 2020

NERS NEWS - Setiap tahunnya, akan ada pemilihan umum di Fakultas Keperawatan UNAIR. Tahun ini, telah dilaksanakan kembali Pemilihan Umum Raya atau PEMIRA yang telah dilaksanakan selama beberapa hari. Finalnya yaitu pada saat perhitungan suara pada hari rabu kemarin (02/12/2020).

PEMIRA atau Pemilihan Umum Raya adalah kegiatan yang diadakan untuk memilih pasangan ketua BEM dan wakilnya, anggota DLM, dan anggota BLM (Senator) yang dilaksanakan pada tahun ini secara online yang berbeda dari tahun sebelumnya.

Devina Nada Dwi Putriary mengatakan sebelum dilaksanakan PEMIRA, terlebih dahulu dilaksanakan sidang UU PEMIRA yang akan menentukan peraturan-peraturan didalam PEMIRA. Setelah itu akan dibentuk KPU yang akan membentuk panitia PEMIRA yang terdiri atas PPU dan PANWASRA.

Antusiasme KM FKp turut memeriahkan kegiatan ini, rata-rata KM FKp mengikuti SAFARI dan ORASI yang telah diadakan. Terbukti dengan adanya pertanyaan yang diajukan untuk Paslon, calon anggota DLM dan BLM.

“KM FKp cukup antusias dengan pemira kali ini, bisa dilihat dengan pertanyaan yang diajukan cukup membuktikan bahwa mereka peduli dengan ORMAWA yang ada di FKp. Tentunya mereka juga ingin adanya kemajuan dalam FKp”. Ujar Devina.

PEMIRA tahun ini dilakukan secara online mulai dari pendaftaran paslon, sampai diakhir perhitungan suara. Dibalik kesuksesan kegiatan ini terdapat beberapa kendala, namun telah terselesaikan dengan usaha keras dari Panitia.

“Pemira tahun ini diadakan online, tentunya sangat berbeda dengan sebelumnya yang dilakukan secara offline. Untuk kendala pasti ada, namun telah terselesaikan dengan bantuan panitia”. Ucap Devina.

Hasil akhir dari pemira kali ini yaitu untuk ketua dan wakil ketua BEM 2021 telah dimenangkan oleh paslon nomor urut 1 Risky Bagoes Alfian angkatan 2018 dan Nur Athiyyah Amini angkatan 2018. Sedangkan DLM FKp UNAIR 2021 yaitu Nabilla Farhana angkatan 2018 dan Arrisa Devi angkatan 2019. Serta untuk Senator FKp UNAIR 2021, yaitu Jessica Berliana angkatan 2020, Siti Nailatur angkatan 2020, Salsabilla Indyka angkatan 2020, dan Faradilla Azzahra angkatan 2020.

Devina berharap, atas terjalannya PEMIRA tahun ini bisa menjadi inovasi baru. Jika nantinya memang akan dilakukan secara online kembali, dapat diperbaiki untuk inovasi yang ada. Dari beberapa kondisi yang ada saat PEMIRA ini dapat dimasukkan dalam UU PEMIRA yang akan datang sebagai pertimbangan untuk PEMIRA selanjutnya.

Penulis: Umi Maghfiroton Fitri (Airlangga Nursing Journalist)
Editor: Ida Sholihatun Nisa’ (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 472

Terpopuler