Program Studi Pendidikan Ners Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Program Studi Profesi Terbaik 2016

  • By USINers
  • In Ners News
  • Posted 11 Februari 2017

NERS - NEWS Hari penganugerahan capaian fakultas di kalangan Universitas Airlangga untuk periode 2016 telah terlaksana pada hari Senin 6 Februari 2017. Penganugerahan dilaksanakan di Aula Garuda Mukti Gedung Manajemen Rektorat Kampus C Universitas Airlangga, Surabaya. Acara ini dilaksanakan tepat setelah Rapat Penandatanganan Kontrak Kinerja Universitas Airlangga tahun 2017. Penghargaan diberikan kepada Departemen dengan Jumlah Publikasi Terbanyak, Pemeringkatan Program Studi, Dosen dengan Jumlah Publikasi Terbanyak, Penjaminan Mutu Tingkat Fakultas, dan Penjaminan Mutu Tingkat Unit Kerja. Prof. Dr. M. Nasih, S.E., M.T., Ak, selaku rektor Universitas Airlangga, menyampaikan bahwa para dosen dan pimpinan fakultas di kalangan Universitas Airlangga telah bekerja keras dalam mencapai target kinerja tahun 2016 sehingga layak untuk diberikan penghargaan. Penghargaan ini dilaksanakan adalah untuk meningkatkan kinerja dan pencapaian rekan rekan. Memang ada yang belum mendapatkan penghargaan, tetapi ini akan menjadi kewajiban bagi mereka dengan cara meningkatkan riset dan publikasi, sehingga kita dapat memenuhi kewajiban moral sebagai dosen dan peneliti,” kata Nasih dalam rapat yang memiliki tema “Meningkatkan Posisi UNAIR melalui Riset yang Inovatif dan Bermanfaat bagi Kehidupan Berbangsa”. Kategori penghargaan departemen dengan jumlah publikasi terbanyak, diberikan kepada  Departemen Fisika (Fakultas Sains dan Teknologi), Departemen Kimia (FST), dan Departemen Urologi (Fakultas Kedokteran).   

Kategori penghargaan Peringkat Program Studi, diberikan kepada Hiperkes dan Keselamatan Kerja (D-3), Pendidikan Dokter (S-1), Agribisnis Veteriner (S-2), Ilmu Kedokteran (S-3), Pendidikan Ners (Profesi), dan Ilmu Bedah (Spesialis). Penghargaan Peringkat Program Studi dinilai dengan menggunakan tiga indikator, yaitu AEE, Akreditasi, dan Ketepatan Masa Studi. Seluruh program studi di Universitas Airlangga telah dilakukan penilaian, dimana pada program pendidikan profesi nilai terbaik didapatkan oleh Fakultas Keperawatan dengan Program Studi Pendidikan Ners (PSPN). Program Studi Pendidikan Ners mendapat nilai pada indikator AEE 0,96; Akreditasi 0,66; dan Ketepatan Masa Studi 0,99 sehingga nilai total yang didapatkan PSPN adalah 0,85. Sebagai informasi nilai pada ketiga indikator ini memiliki rentang 0 – 1,0 dimana 0 adalah nilai terendah dan 1,0 adalah nilai tertinggi. Pencapaian ini dapat diraih oleh Program Studi Pendidikan Ners Fakultas Keperawatan dimana sejak tahun 2015 akreditasi program studi ini telah meningkat menjadi A seiring dengan peningkatan kualitasnya. Perbandingan antara jumlah pembimbing klinik dengan mahasiswa di PSPN adalah 1:5 dimana satu pembimbing klinik dapat mewakili 5 mahasiswa. PSPN menyediakan bermacam-macam wahana praktik Profesi Ners demi memenuhi kompetensi mahasiswa. Wahana praktik klinik meliputi RSUD Dr. Soetomo, LAKESLA Dr. Ramelan, RS Soewandi, RS Sumber Glagah (RS Kusta), RS Unair, RSJ Menur, dll. Selain wahana praktek klinik terdapat wahana praktik komunitas, keluarga, dan gerontik beberapa diantaranya adalah PSLU Griya Wreda Surabaya, UPT Pelayanan Sosial Lanjut Usia Pandaan, Puskesmas di kawasan Kota Surabaya, dst. Wahana praktik profesi yang tersedia disesuaikan dengan kurikulum dan kondisi terbaru dari trend penyakit di Indonesia. Hal ini selaras dengan visi dan misi PSPN untuk menjadi pelopor pengembangan ilmu pengetahuan dan praktik keperawatan di tingkat nasional dan internasional.

Pengaruh dari peningkatan kualitas program studi dapat terlihat pada tren prosentase kelulusan mahasiswa profesi, dimana setiap tahun mencapai angka 100%. Sedangkan dari segi output mahasiswa profesi, ditunjukkan dengan prosentase kelulusan Uji Kompetensi Ners Indonesia (UKNI) yang mencapai angka 98%.
Pada kesempatan terpisah Wakil Dekan 1 Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Dr. Kusnanto, S.Kp., M.Kes menyatakan “ Kualitas suatu institusi pendidikan sangat dipengaruhi akreditasinya. Sebab akreditasi mencerminkan detail pelaksanaan kegiatan yang ada di program studi & Unit Pengelola Proram Studi, dan salah satunya adalah kegiatan pembelajaran. Sebagai assessor nasional LAM-PT-Kes dan BAN-PT saya melihat tiap program studi yang mau membenahi kualitas pasti akan meningkatkan prestasi program studi dan meningkatkan kualitas lulusannya.”


Penulis: Dr. Kusnanto, S.Kp., M.Kes

Pin It
Hits 3745

Terpopuler