Program Studi S2 Keperawatan

Selayang Pandang Program Studi Magister Keperawatan

Program Studi Magister Keperawatan Fakultas Keperawatan dibuka berdasarkan SK Rektor nomor 4311/J03/OT/2008, yang sebelumnya berada dibawah pengelolaan Fakultas Kedokteran. Pada tahun 2010 dengan adanya SK Rektor nomor: 100/H3/KR/2010 maka pengalihan pengelolaan dari Fakultas Kedokteran ke Fakultas Keperawatan. Program Studi Magister Keperawatan di Fakultas Keperawatan terdiri atas empat (4) peminatan, yaitu: Peminatan Keperawatan Medikal Bedah, Peminatan Keperawatan Komunitas, Peminatan Keperawatan JIwa, dan peminatan Manajemen Keperawatan.

Kurikulum yang digunakan pada Program Studi Magister Keperawatan merupakan kurikulum hasil kesepakatan pengelola Program Studi Magister Keperawatan se Indonesia dan dikembangkan sesuai kebijakan Universitas Airlangga Surabaya. Kurikulum yang digunakan adalah berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), beban studi 45 sks. Metode pembelajaran yang digunakan antara lain diskusi kelompok, simulasi, studi kasus, pembelajaran kolaboratif, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis masalah, dan metode pembelajaran lain, yang dapat secara efektif memfasilitasi pemenuhan capaian pembelajaran. Pada semester satu (1) mahasiswa diberi kesempatan untuk melakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat untuk membangun perilaku kecendekiawanan dan melakukan kegiatan pengabdian masyarakat untuk mengimplementasikan hasil riset (evidance base). Pada semester satu (1) mahasiswa juga diberi kesempatan untuk menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional. Pada semester  dua (2) mahasiswa diberi kesempatan untuk mengikuti kegiatan International Nursing Conference (INC), dan mahasiswa juga diberi kesempatan  praktik klinik di RS di Luar Negeri yaitu RS di Malaysia/Thailan/Australia. Gelar lulusan adalah Magister Keperawatan (M.Kep).

Kegiatan capaian pembelajaran untuk peminatan Keperawatan Medikal Bedah (KMB) dan Manajemen Keperawatan dilakukan di Kampus dan di wahana pembelajaran klinik. Rumah Sakit yang digunakan untuk memenuhi capaian pembelajaran antara lain RS Dr. Soetomo Surabaya, RS Universitas Airlangga Surabaya, dan RS diluar negeri, sedangkan untuk peminatan keperawatan Jiwa dan Keperawatan Komunitas adalah di RS Jiwa Menur Surabaya, UPTD Griya Werdha Jambangan Kota Surabaya dan Puskesmas diwilayah kerja Dinas Kesehatan Kota Surabaya.

Capaian peringkat  akreditasi Program Studi Magister Keperawatan mendapatkan peringkat A (Sangat Baik) berdasarkan Surat Keputusan Nomor 0221/LAM-PTKes/Akr/Mag/IV/2018, dan tahun 2019  dalam proses mengajukan akreditasi Internasional ke lembaga Accreditation Agency for Degree Programs in Engineering, Informatics/Computer Science, the Natural Sciences and Mathematics (ASIIN).

Visi Program Studi Magister Keperawatan

Menjadi PS Magister Keperawatan yang mandiri, inovatif, terkemuka, pelopor pengembangan ilmu pengetahuan dan praktik keperawatan di tingkat nasional dan internasional, berlandaskan nilai kebangsaan, etik dan  moral agama.

Misi Program Studi Magister Keperawatan

Menyelenggarakan tridarma perguruan tinggi dalam lingkup nasional dan internasional berlandaskan nilai kebangsaan, etik, dan moral agama, dengan:

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan Magister Keperawatan sesuai perkembangan IPTEK
  2. Menyelenggarakan penelitian dasar, klinik, komunitas  yang inovatif  dan teruji untuk mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni dalam bidang keperawatan atau praktik keperawatan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian dalam bidang  ilmu pengetahuan dan praktik keperawatan kepada masyarakat.

Tujuan Program Studi Magister Keperawatan

  1. Menghasilkan lulusan magister keperawatan berkualitas yang unggul, mandiri, inovatif, dan mampu berkarya dalam  bidang  keperawatan  berdasarkan  etik  dan moral agama yang dapat bersaing di tingkat nasional maupun internasional
  2. Menghasilkan penelitian keperawatan dasar, klinik, dan komunitas yang inovatif untuk mendorong pengembangan  keperawatan di tingkat nasional dan internasional
  3. Menghasilkan pengabdian masyarakat berbasis penalaran dan karya penelitian yang bermanfaat dalam pemberdayaan masyarakat secara inovatif agar mampu menyelesaikan masalah keperawatan secara mandiri dan berkelanjutan 

Program Studi Magister Keperawatan (S2), berdasarkan SK. LAM-PTKes No. 0221/LAM-PTKes/Akr/Mag/IV/2018 mendapatkan Akreditasi A (SANGAT BAIK)Download Sertifikat.

Informasi pendaftaran mahasiswa baru, Klik.

Pin It
Hits 4847