Visi dan Misi
Kurikulum Program Studi Magister Keperawatan UNAIR dikembangkan dari visi dan misi program studi. Visi dan misi dirumuskan denganmempertimbangkan aspek perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi keperawatan dan berorientasi ke masa depan yang menunjukkan konsistensi FKp UNAIR terhadap perkembangan ilmu keperawatan dan pelayanan keperawatan di Indonesia dan Internasional.Visi Prgram Studi Magister keperawatan UNAIR adalah: Program Pendidikan Magister Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga menjadi pusat pendidikan dan pengembangan ilmu keperawatan yang terkemuka di tingkat nasional dan internasional serta menghasilkan lulusan yang unggul, mandiri dan inovatif dengan keunggulan pada bidang keperawatan penyakit tropis berdasarkan etik dan moral agama pada tahun 2025.
Adapun Misi program Studi Magister Keperawatan UNAIR adalah:
- Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan Magister Keperawatan berkelas dunia dengan keunggulan bidang keperawatan penyakit tropis berlandaskan nilai kebangsaan dan moral agama.
- Menyelenggarakan penelitian keperawatan yang inovatif berkelas dunia dengan keunggulan pada bidang keperawatan penyakit tropis berlandaskan nilai kebangsaan dan moral agama untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat dengan keunggulan pada bidang keperawatan penyakit tropis.
- Mendharmabaktikan keahlian bidang keperawatan kepada masyarakat dengan keunggulan pada bidang keperawatan penyakit tropis
- Mengelola Program Pendidikan Magister Keperawatan dengan tata kelola yang baik dan berorientasi pada mutu serta mampu bersaing ditingkat nasional dan internasional
dengan keunggulan pada bidang keperawatan penyakit tropis.
1.3. Profil Lulusan
Lulusan program studi magister keperawatan mempunyai profil: 1) Ilmuwan/scientist,2) Pendidik/educator, 3) Pengelola/manager
1. Ilmuwan/Scientist:seorang magister keperawatan yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui riset hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji sebagai basis untuk penyelesaian masalah, perumusan kebijakan dan pengembangan keilmuan
2. Pendidik/Educator: seorang magister keperawatan yang mampu mengembangkan pembelajaran melalui pendekatan prinsip pembelajaran orang dewasa untuk pengembangan kinerja professional berbasis bukti
3. Pengelola/Manager: seorang magister keperawatan yang mampu mengembangkan tata kelola pelayanan keperawatan diberbagai tatanan layanan kesehatan dengan pendekatan proses manajemen melalui pertimbangan aspek legal etis serta kebijakan baik ditingkat lokal maupun nasional.
1.4. Capaian Pembelajaran
1.4.1. Minat Studi Medikal Bedah
Capaian pembelajaran dari prodi magister Keperawatan mengacu pada Visi, Misi, dan Profil lulusan. Setelah menyelesaikan pendidikan di Program Studi Magister Keperawatan Minat Studi Medikal Bedah Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga, lulusan akan memiliki sikap, pengetahuan serta keterampilan sebagai berikut:
1.4.1.1. Sikap:
1.Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
2.Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
3.Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
4.Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
5.Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
6.Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila
7.Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
8.Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
9.Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
10.Mampu menjadi ilmuwan keperawatan berdasar prinsip etis dan peka budaya sesuai dengan Kode Etik Perawat Indonesia
1.4.1.2. Penguasaan Pengetahuan:
11. menguasai teori dan falsafah yang mendasari asuhan keperawatan pada bidang keperawatan medik dan bedah
12.menguasai konsep dan aplikasi metode riset ilmiah
13.menguasai konsep terkait pengkajian, farmakologi dan ilmu keperawatan medik dan bedah
14.menguasai konsep dan aplikasi perawatan klien dengan penyakit tropik dan infeksi
1.4.1.3.Keterampilan Umum:
15.Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, dan sistematis dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang keperawatan medik dan bedah melalui riset ilmiah, serta menyusun konsep ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah adalam bentuk tesis.
16. Mampu mengelola riset dalam bidang keperawatan medikal bedah yang hasilnya berpotensi untuk diaplikasikan dan layak dipublikasikan di tingkat nasional atau internasional.
17. Mampu menghasilkan produk penelitian yang inovatif sebagai dasar untuk penyelesaian masalah, perumusan kebijakan, dan pengembangan keilmuan dalam bidang keperawatan medikal bedah
18. Mampu menyusun dan mengkomunikasikan ide, hasil pemikiran dan argument ilmiah secara bertanggung jawab dan didasarkan pada etika akademik, melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
19. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi di bidang ilmu keperawatan medik dan bedah berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data
20. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian untuk menjamin kesahihan dan menghindarkan plagiasi
21. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri
22.Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas
23. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan inter atau multi-disiplin
24.Mampu mendapatkan pengakuan melalui publikasi nasional terakreditasi dan atau internasional dari hasil riset yang dilakukan
25.Mampu mengevaluasi dan memanfaatkan hasil riset ilmiah, teori, konsep, dan ide untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang keperawatan medikal bedah.
26) Mampu berkontribusi pada pengembangan pengetahuan dan praktik keperawatan medik dan bedah melalui pendidikan, penelitian, perdebatan ilmiah, presentasi dan publikasi
1.4.1.4. Keterampilan Khusus:
27. Mampu mengembangkan ilmu keperawatan medikal bedah untuk diaplikasikan pada klien di semua tatanan pelayanan kesehatan berbasis bukti dan riset ilmiah
28. Mampu mendesain pendidikan kesehatan yang efektif dalam rangka promosi kesehatan dan pencegahan penyakit
29. Mampu mengembangkan tata kelola pelayanan keperawatan dalam bidang keperawatan medikal bedah diberbagai tatanan layanan kesehatan dengan pendekatan proses manajemen melalui pertimbangan aspek legal etis serta kebijakan baik ditingkat lokal maupun nasional
30. Mampu memecahkan permasalahan keperawatan yang kompleks melalui pendekatan inter atau multidisiplin dalam bidang keperawatan medikal bedah
31. Mampu mengembangkan pelayanan keperawatan berbasis bukti.
32. Mampu mengevaluasi dampak pemberian pelayanan keperawatan terhadap kesehatan klien pada kasus medik dan bedah