Olahraga Di Malam Hari, Apakah Baik untuk Kesehatan?

2020-10-23 23:55:30


Olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, baik untuk kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Olahraga biasanya dilakukan di pagi hari, sore hari atau malam hari. Kesibukan padat sering membuat kita tidak punya waktu berolahraga di pagi atau siang hari, sehingga banyak yang memilih untuk olahraga di malam hari.

Namun apakah olahraga di malam hari baik untuk kesehatan?

Pada dasarnya, kita boleh melakukan kegiatan olahraga sebelum tidur di malam hari, selama tidak mengganggu pola dan siklus tidur. Namun jika memiliki gangguan tidur tertentu, kamu tidak disarankan untuk melakukannya.

Berdasarkan penelitian terbaru dari Institut Teknologi Konfederasi Zürich, olahraga di malam hari boleh saja untuk dilakukan. Olahraga sebelum tidur justru berguna untuk membantu kita agar dapat tidur pulas dengan lebih cepat dan durasi tidur nyenyak yang lebih lama. Meskipun demikian, tetap ada syarat yang harus dipenuhi. Kita harus menghindari jenis olahraga yang sangat melelahkan atau berintensitas tinggi, setidaknya satu jam sebelum tidur. Karena jika berolahraga dalam waktu kurang dari satu jam sebelum tidur, kita akan butuh waktu lebih lama untuk tertidur dan kualitas tidur menjadi buruk.

Jenis olahraga ringan yang dapat dicoba sebelum tidur

Kita dianjurkan untuk menghindari jenis olahraga berat pada malam hari. Cukup dengan olahraga ringan untuk meregangkan otot-otot agar dapat lebih rileks sekaligus melepas stres sepanjang hari. Ketika tubuh dan pikiran tenang, kita pun dapat lebih mudah tertidur.

Beberapa olahraga ringan yang dapat menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan kualitas tidur misalnya yoga, pilates, peregangan otot, dan relaksasi. Selain itu, tetap melakukan pemanasan dan pendinginan. Pemanasan sangat berguna untuk mengendurkan otot, memperbaiki sirkulasi darah, dan membantu mempersiapkan tidur lebih nyenyak setelahnya.

Sumber: Kompas.com

Penulis : Ida Sholihatun Nisa’ (Airlangga Nursing Journalist)

Editor : Risky Nur Marcelina (Airlangga Nursing Journalist)


KIRIM TULISAN
LITERASI HIDUP SEHAT