SIAPKAN REMAJA SEHAT MELALUI “KAKTUS PH: KATAKAN TIDAK UNTUK SEKS PRA NIKAH”

  • By Titis Nurmalita Dianti
  • In Ners News
  • Posted 03 Mei 2021

NERS NEWS – Sejumlah mahasiswa kelas A1 angkatan 2019 Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga menggelar webinar bertajuk “Kaktus PH: Katakan Tidak untuk Seks Pra-Nikah”, Jumat (30/04/2021). Seminar ini diadakan sebagai salah satu media edukasi bagi masyarakat khususnya golongan remaja agar tidak terjerumus dalam seks bebas dan seks pranikah.

Webinar Kaktus PH merupakan bagian dari pemenuhan tugas Project Based Learning (PJBL) Mata Kuliah Keperawatan Maternitas I. Webinar dilaksanakan melalui platform Zoom dan dihadiri sebanyak 80 participant dari berbagai kalangan dan institusi. Peserta yang hadir cukup banyak karena topik yang dibahas menarik yaitu seputar kehidupan remaja.

Kelompok memilih topik tersebut karena, seperti yang diketahui remaja adalah salah satu individu yang rentan terhadap seks pranikah, mereka belum matang baik secara pemikiran maupun emosi sehingga mereka cenderung mencoba hal baru dan mengambil keputusan yang gegabah.

“Saya rasa pengambilan topik ini menjadi penting untuk dibahas dan disosialisasikan, jadi awareness dari remaja akan meningkat.” ujar Shafa Fadia selaku PJ kegiatan saat dihubungi 2/5/2021 via WhatsApp.

Acara webinar diawali dengan opening speech oleh Ibu Ni Ketut Alit Armini, S.Kp., M.Kes. selaku Dosen Departemen Keperawatan Anak dan Maternitas Fkp Unair. Beliau mengatakan bahwa topik yang diangkat sangat menarik dan memang perlu disosialisasikan kepada masyarakat luas khususnya remaja. Mengingat angka kejadian seks pranikah mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Dalam webinar ini, peserta diajarkan dua materi utama yaitu seks pranikah dan bahayannya, serta bagaimana cara kita sebagai remaja agar tetap menjaga diri dan tidak terjerumus dalam seks pranikah. Sesi diskusi berjalan dengan sangat menarik dan interaktif. Ada beberapa pertanyaan yang masuk namun karena keterbatasan waktu hanya sebagian pertanyaan yang dapat dijawab langsung dalam forum, untuk sisa pertanyaan akan disampaikan melalui grup peserta.

Sebagai media evaluasi peserta, panitia telah menyiapkan post test yang dikemas dalam bentuk games menarik. Diambil 3 pemenang utama dalam games ini dan nantinya masing-masing pemenang akan mendapat doorprize dari Inez selaku sponsorship dalam webinar ini. Selain itu setiap peserta akan mendapat guidebook yang berisi edukasi remaja dan seks pranikah dalam bentuk file pdf.

Setelah terselenggarannya acara ini, besar harapan mahasiswa Fakultas Keperawatan selaku penyelenggara PJBL kepada para peserta, seperti yang diungkapkan Shafa selaku PJ kegiatan

“ Harapan saya, masyarakat terutama remaja lebih aware terhadap seks pranikah. Sesuai dengan judul webinar kami seks pranikah bisa diibaratkan seperti kaktus, indah jika dipandang dan menarik, tapi memiliki banyak duri tersimpan, sehingga saya harap remaja memahami dengan baik dampak negatif baik dari segi emosional,sosial maupun fisik serta cara pencegahan sehingga terhindar dari seks pranikah” ujar Shafa.

Penulis : Miftakhul Qorni Isna (Airlangga Nursing Journalist)
Editor : Titis Nurmalita Dianti (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 20

Terpopuler