Yakin Sudah Siap Nikah?

  • By Titis Nurmalita Dianti
  • In Ners News
  • Posted 04 Mei 2021

NERS NEWS - Minggu (2/5/2021) Kelompok 2 Keperawatan Maternitas I kelas A1 angkatan 2019 Fkp Unair menyelenggarakan webinar tentang persiapan nikah dan kehamilan melalui Zoom.

Webinar ini mengusung tema "Yakin Sudah Siap Nikah? Yuk Kenali Dulu Penyakit Reproduksi dan Persiapan Kehamilan". Acara tersebut merupakan webinar yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat, utamanya kelompok usia remaja dan dewasa. Selain itu, acara tersebut diselenggarakan guna memenuhi tugas PJBL (Project Based Learning) Mata Kuliah Maternitas I.

Sebelum acara dimulai, ibu Aria Aulia S.kep., Ns., M.kep selaku fasilitator dalam webinar ini turut memberikan sepatah dua patah kata. Beliau menyampaikan kepada seluruh peserta bahwa persiapan nikah dan persiapan kehamilan merupakan faktor yang harus diperhatikan agar dapat mewujudkan keluarga yang baik nantinya. Pemateri dalam acara ini merupakan mahasiswa kelas A1 A2019 Fkp Unair itu sendiri, yaitu Mohammad Rizal dan Finikmatur.

Webinar ini cukup menarik perhatian masyarakat, terlihat dari partisipan yang hadir mencapai angka lebih dari 100 peserta. Materi yang disampaikan adalah persiapan kesehatan pra nikah dan kehamilan serta upaya mencegah penyakit menular seksual. Tentu saja materi ini merupakan materi yang harus dipahami oleh masyarakat yang berencana untuk menikah.

Materi pertama disampaikan oleh Rizal. "Cek kesehatan sebelum menikah sangat penting dilakukan karena dengan begitu kita dapat mengetahui kondisi dan masalah kesehatan yang ada di diri kita dan pasangan kita" ucap Rizal. Dia juga turut menjabarkan apa saja serangkaian tahapan yang bisa dilakukan seperti tes golongan darah dan rhesus, tes darah lengkap tes TORCH, pemeriksaan HIV dan hepatitis, pemeriksaan penyakit seksual, pemeriksaan kadar gula darah dan pemeriksaan kesuburan. Sedangkan untuk persiapan kehamilan, Rizal menyarankan untuk konsultasi ke dokter kandungan, jaga berat badan ideal, vaksinasi, menjaga kesehatan gigi mulut, konsumsi makanan gizi berimbang dan rutin olahraga.

Selanjutnya pemateri kedua, Finikmatur menjelaskan bagaimana cara menjaga kesehatan reproduksi. Ada beberapa tahapan yang disampaikan seperti menjaga kebersihan alat reproduksi, mengkonsumsi makanan yang bergizi, hindari merokok, tidak meminum alkohol, menghindari seks bebas, menjaga IMT, dan tidak lupa mengelola stres dengan baik. Tidak hanya itu saja, Finik juga menyampaikan bahwa kita harus waspada terhadap kemungkinan terjadinya penyakit menular seksual. Oleh karena itu, di akhir acara pemateri juga menyampaikan upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit tersebut.

Sebagi penutup pemateri juga menyampaikan upaya menjaga kesehatan sesuai moto dari kemenkes yaitu SICERDIK. Diharapkan dengan adanya webinar ini, masyarakat utamanya kelompok usia remaja dan dewasa mulai menyadari pentingnya melakukan persiapan kesehatan untuk menikah dan kehamilan sehingga dapat menciptakan keluarga yang sehat dan generasi yang baik.

Penulis : Enka Sabbita Haqqi (Airlangga Nursing Journalist)
Editor : Titis Nurmalita D ( Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 47

Terpopuler