GELAR BAKTI GENCORPS (GBGC) DI KAMPUNG 1001 MALAM

  • By Risky Nur Marcelina
  • In Ners News
  • Posted 04 Jun 2021

NERS NEWS - Gelar Bakti GEN Corps (GBGC) 2021 adalah kegiatan yang menjadi program kerja tahunan Green Nursing Corps Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga. Kegiatan ini berupa kegiatan sosial untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama serta turun langsung ke masyarakat untuk mendedikasikan diri dalam upaya mengaplikasikan tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat dengan membantu meningkatkan pengetahuan warga tentang kesehatan, terutama akan pentingnya pencegahan penyakit, oleh karena itu dalam kegiatan ini anggota Green Nursing Corps Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga mengadakan penyuluhan oleh perwakilan anggota GEN Corps tentang penyuluhan mengenai Vaksin Covid-19, selain itu juga akan dilaksanakan pemeriksaan TTV beserta GCU .

Kegiatan ini telah terlaksana pada hari minggu (30/05/2021) yang dilakukan di kampung 1001 malam Surabaya. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan skill anggota Green Nursing Corps Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat serta pengaplikasian peran perawat dalam komunitas. Selain itu, juga ada pembagian sembako gratis kepada peserta yang hadir.

Kegiatan ini sukses dilakukan pada masyarakat padat penduduk dengan sasaran utamanya yaitu lansia yang memiliki masalah (tekanan darah, kolesterol maupun gula darah, dan belum atau menolak untuk divaksin Covid-19). Terdapat sebanyak 32 peserta yang mengikuti kegiatan ini.

Zakiyah Nur Amalah, selaku ketua pelaksana mengatakan kegiatan ini telah dipersiapkan selama 3 bulan lebih mulai dari pembentukan panitia, survei tempat, menentukan konsep dan sasaran dan lain-lain.

“Kami telah mempersiapkan selama 3 bulan mengenai kegian GBGC ini, agar nantinya saat waktu pelaksana dapat berjalan dengan lancar”, imbuhnya.

Selain itu, pada kegiatan ini turut hadir pula Yayasan Bangun Sehat Indonesiaku (YBSI) dan KPLA Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. Mereka ikut membantu dalam menyukseskan kegiatan ini dengan memberikan konsultasi kesehatan dan obat kepada peserta.

Zakiyah mengatakan, pada tahun sebelumnya kegiatan ini hanya dilakukan penyuluhan PHBS oleh masing-masing anggota GEN Corps kepada masyarakat setempat. Namun, pada tahun ini dapat terlaksana kembali pemeriksaan kesehatan secara gratis dan tetap menggunakan protokol kesehatan.

“Masing-masing dari panitia menggunakan alat pelindung diri level 2 untuk melindungi diri, baik yang melakukan pemeriksaan atau yang bertugas lainnya”, tambahnya.

Diharapkan setelah terlaksananya kegiatan ini dapat membantu masyarakat khususnya masyarakat kampung 1001 malam agar lebih peduli terhadap kesehetan. Serta apa yang telah diberikan baik sembako dan edukasi kesehatan dapat bermanfaat dan diaplikasikan dalam kehidupan sehati-hari.

Penulis: Umi Maghfiroton Fitri (Airlangga Nursing Journalist)
Editor : Risky Nur Marcelina (Airlangga Nursing Journalist)

 

Pin It
Hits 58

Add comment


Security code
Refresh

Terpopuler