Self Love is the Best Love!

  • By Titis Nurmalita Dianti
  • In Ners News
  • Posted 07 Jun 2021

NERS NEWS — Menurut Pieper dan Uden (2006) kesehatan mental adalah keadaan dimana seseorang tidak mengalami perasaan bersalah terhadap dirinya sendiri dan dapat menerima kekurangan atau kelemahannya. Memiliki kemampuan menghadapai masalah dalam hidupnya, memiliki kepuasan dalam kehidupan sosialnya serta memiliki kebahagiaan dalam hidupnya.

PJBL Keperawatan Jiwa kelas A1 A2019 Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga baru saja menyelenggarakan webinar bertema “Loving Yourself” yang sukses diikuti oleh ratusan peserta pada Minggu (06/06/21). Kesehatan mental adalah kesehatan yang utama bagi tiap individu. Tanpa adanya kesehatan mental yang baik, individu akan mudah merasa cemas karena akan selalu merasa tak cukup layak dibandingkan orang lain.

Ciri individu yang sehat secara mental adalah yang merasa aman akan dirinya sendiri, menjadi pribadi yang konsisten serta memiliki tujuan hidup yang jelas untuk masa depannya. Ia dapat menilai dirinya sendiri serta mau mengevaluasi tindakannya yang dianggap salah. Ia paham value akan dirinya karena hanya ia yang tahu akan kelemahan serta kelebihan yang ada pada dirinya. Pribadi yang mengenal diri mampu belajar dari pengalaman di masa lalu dan menjadikannya sebuah pelajaran untuk menuntunnya lebih baik di masa mendatang.

Namun terkadang bagi sebagian orang rasa insecure masih melingkupi diri mereka. Merasa cemas dan kurang pantas menjadi diri sendiri merupakan pola pikir yang harus dihindari. Mereka membandingkan diri mereka dengan apa yang ada di media sosial terutama instagram. Akibatnya individu membentuk pola pikir menjadi orang lain akan tampak lebih menarik dibandingkan harus menjadi diri sendiri. Mereka merasa apa yang mereka lihat di media sosial adalah kehidupan sebenarnya tanpa tau kenyataannya.

Masyarakat sebagai netizen harusnya bijak dalam menggunakan media sosial. Membatasi penggunaan media sosial dapat berdampak baik bagi kesehatan mental. Melakukan meditasi atau yoga karena diyakini baik bagi kesehatan emosi akan membuat perasaan lebih bahagia dan senantiasa mempunyai pola pikir yang positif. Menyibukkan diri dengan hobi atau hal yang disenangi membuat kita berhenti untuk melihat kehidupan orang lain.

Kita seharusnya dapat menginvestasikan setiap waktu untuk mempelajari sesuatu atau bahkan skill baru dalam mengasah kemampuan. Menjadi percaya diri serta dapat menjalin hubungan baik dengan orang lain akan memperoleh koneksi yang sebenarnya. Menerima diri sendiri memiliki manfaat khususnya menjadikan kita pribadi yang lebih produktif serta hal yang terpenting adalah terus memperbaiki diri dan jadilah versi terbaik dari dirimu.

Penulis : Dewi Rachmawati (Airlangga Nursing Journalist)
Editor : Titis Nurmalita (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 91

Add comment


Security code
Refresh

Terpopuler