Monitoring dan Evaluasi Pembelajaran Selama Pandemi di Prodi Magister Keperawatan

  • By mustakim_ners
  • In Ners News
  • Posted 08 Jun 2021

NERS NEWS — Pandemi Covid 19 memberikan tantangan bagi dunia pendidikan untuk terus berinovasi dalam pembelajaran. Metode pembelajaran yang awalnya tatap muka harus dirubah menjadi metode dalam jaringan (daring) untuk menghindari kontak fisik dan menjaga jarak pada proses pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang sebelumnya dilakukan di institusi berubah dengan dilaksanakan dari rumah masing-masing. Prinsipnya pembelajaran harus tetap terlaksana walau kondisi pandemi dan kualitas pembelajaran tidak terjadi penurunan meskipun dilaksanakan secara daring. Dalam rangka mempertahankan kualitas pembelajaran agar tetap baik meskipun tanpa tatap muka, maka Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Airlangga menyelenggarakan Monitoring dan Evaluasi Pembelajaran Selama Pandemi.

Monev di Prodi S2 Keperawatan diselenggarakan pada hari Jumat 4 Juni 2021 secara daring. Tim pemonev untuk prodi Magister Keperawatan adalah Dr. SoenartalinaMelaniani., Ir.,M.Kes dari Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Dr. Maftuchah Rochmanti, dr.,M.Kes dari Fakultas Kedokteran. Ruang lingkup monev di Prodi Magister Keperawatan menilai tentang pembelajaran, ujian dan tugas akhir.

Monev pembelajaran melakukan penilaian terhadap persiapan perkuliahan, persiapan magang, pelaksanaan perkuliahan dan evaluasi perkuliahan. Pada persiapan perkuliahan tim monev sudah mempersiapkan dokumen tentang surat edaran dari Rektor, Dekan dan IK Perkuliahan sebagai dasar pelaksanaan perkuliahan secara daring. Salah satu topik yang didiskusikan adalah tentang aplikasi klinik yang harus dilakukan secara offline di rumah sakit. Pada pelaksanaan aplikasi klinik sudah sesuai dengan standar yaitu mendapatkan persetujuan dari keluarga, persyaratan swab dan penggunaan APD. Mahasiswa juga sudah mencapai kompetensi sesuai dengan rencana pembelajaran.

Pada monev ujian dilakukan penilaian pada persiapan ujian tentang tata tertib ujian daring, penjadwalan dan persiapan berita acara ujian. Terdapat diskusi yang menarik tentang tata tertib ujian daring agar mahasiswa mengerjakan dengan jujur. Upaya yang dilakukan adalah adanya sanksi jika terjadi kecurangan, apabila ujian dilaksanakan melalui zoom maka mahasiswa diwajibkan untuk menyalakan video. Dosen juga melakukan setting pada g-form atau aula untuk meminimalisir kecurangan.

Monev tentang tugas akhir merupakan hal yang sangat penting pada Prodi S2 karena selama masa pandemi mahasiswa kesulitan untuk pengambilan data penelitian secara langsung. Selama masa pandemi Fakultas memberikan kebijakan kepada mahasiswa bahwa pengambilan data penelitian dapat menggunakan googleform atau menyusun systematicreview dan modul sebagai luaran.

Alhamdulillah monev berjalan dengan lancar dan Prodi mendapatkan beberapa masukan untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Semoga pandemi segera berlalu sehingga pembelajaran dapat ditingkatkan menjadi lebih baik.

Penulis : Retno Indarwati.

 

Pin It
Hits 81

Add comment


Security code
Refresh

Terpopuler