INFORMASI TEST ELPT (CLICK HERE) Ayo Tingkatkan Imunitas dengan Olahraga Rekreasi!

Ayo Tingkatkan Imunitas dengan Olahraga Rekreasi!

  • By Risky Nur Marcelina
  • In Ners News
  • Posted 21 Agustus 2021

NERS NEWS - Olahraga rekreasi adalah olahraga yang dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh kesehatan, kebugaran jasmani, kegembiraan serta membangun hubungan sosial. Olahraga rekreasi dapat dilakukan oleh siapa saja, dimana saja, kapan saja, dan dengan kegiatan apa saja serta bisa dilakukan dengan berbagai aktivitas.

Dengan mengusung tema “Olahraga Rekreasi”, Porte Penjaskes BEM Fakultas Keperawatan mengadakan webinar pada Kamis, (19/08/21) untuk membahas lebih lanjut. Olahraga rekreasi sangat bermanfaat untuk dilakukan sebagai sarana unuk mengisi waku luang. Olahraga rekreasi dinilai sangat efektif untuk meningkatkan imunitas karena selain berolahraga, individu merasa gembira karena kegiatan yang dilakukan tidak monoton dan menghasilkan pengalaman dan sesuatu yang baru.

Individu yang bugar jasmaninya, gembira hidupnya, dan selalu bersemangat dalam kehidupannya diharapkan menjadi individu yang produktif dalam beraktivitas dan bekerja sehingga dapat berkontribusi secara aktif dan positif dalam membangun kehidupan keluarga, masyarakat dan bangsa.

Contoh olahraga rekreasi adalah outbond, naik gunung, arung jeram, mendaki, menunggang kuda, dan lainnya. Namun di kala pandemi membuat sebagian orang merasa malas melakukan olahraga padahal olahraga rekreasi mudah dilakukan di rumah misalnya dengan zumba, tenis, bermain badminton, hingga bermain hula hoop bersama keluarga. Olahraga di rumah dirasa tak kalah mengasyikkan dengan olahraga yang dilakukan di alam bebas selama kita merasa senang saat melakukannya. Olahraga rekreasi juga dapat meningkatkan keakraban dan kekompakan antar anggota keluarga.

Selain kesehatan jasmani dalam olahraga rekreasi, kesehatan rohani pun perlu diperhatikan. Jika kesehatan jasmani adalah segala hal yang berkaitan jasmani atau fisik lain halnya dengan kesehatan rohani. Kesehatan rohani adalah segala hal yang melibatkan keyakinan pribadi mengenai nilai atau tujuan hidup. Cara meningkatkan kesehatan rohani adalah dengan beribadah, berdoa, serta melakukan meditasi.

Setelah kesehatan jasmani tercukupi hendaknya tiap individu dapat selalu menjalani ibadah serta berdoa sesuai ajarannya masing-masing untuk mendapatkan ketenangan lahir dan batin. Kesehatan jasmani dan rohani berguna untuk menjadikan individu sehat secara fisik luar sehingga terbebas dari segala penyakit dan diberi ketenangan dalam diri karena selalu bergantung kepada Sang Pencipta.

Penulis : Dewi Rachmawati (Airlangga Nursing Journalist)
Editor : Risky Nur Marcelina (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 265

Add comment


Security code
Refresh