INFORMASI TEST ELPT (CLICK HERE) GREAT Berbagi Tips dan Trik Mengedit Artikel

GREAT Berbagi Tips dan Trik Mengedit Artikel

  • By Risky Nur Marcelina
  • In Ners News
  • Posted 29 Agustus 2021

NERS NEWS - Airlangga Nursing Journalist Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga baru saja mengadakan Grand Editor Training Time Webinar atau lebih dikenal dengan sebutan GREAT pada Minggu (29/8/2021). Kegiatan ini merupakan seminar online nasional yang membahas tentang pengeditan naskah artikel. Mengangkat tema “Unlimited Creativity As A Writer”, webinar ini memberikan berbagai tips dan trik untuk mengedit artikel dengan mendatangkan narasumber berpengalaman yaitu Endri Kurniawati yang merupakan editor di tempo.co

Meski baru pertama kalinya diadakan, GREAT sudah mampu menarik perhatian banyak mahasiswa maupun masyarakat umum. Terlihat dari jumlah partisipan yang mencapai 80 orang. Wakil dekan III FKp Unair sekaligus pembimbing ANJ, Dr. Esti Yunitasari S.Kp M.Kes turut menghadiri acara ini. Beliau berharap setelah berakhirnya GREAT, para peserta dapat menghasilkan tulisan yang baru dan lebih menarik dari sebelumnya yang tidak terlepas dari proses editing.

GREAT diawali pembukaan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Airlangga. Kemudian dilanjutkan sambutan dari wakil dekan III, wakil BEM FKp Unair dan ketua pelaksana GREAT 2021. Masuk ke acara inti, Endri mulai menjelaskan tentang pengeditan itu sendiri. Editing atau penyuntingan merupakan proses memperbaiki naskah dengan menambah, mengurangi, bahkan mengubahnya untuk menghasilkan suatu naskah yang baik dan dapat menarik perhatian pembaca. Seorang editor memiliki tanggung jawab yang besar dalam proses ini karena mereka bekerja untuk publik sehingga harus memastikan artikel atau naskah yang akan dipublikasikan sudah baik, akurat, dan berimbang.

Kemudian, Endri juga menjelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh seorang editor di antaranya struktur tulisan, paragraf, dan kalimat. Editor juga harus menggunakan kata yang tepat sesuai dengan maknanya. Hal ini untuk menghindari kesalahpahaman dari pembaca. Tidak kalah pentingnya adalah konsisten dalam berbahasa. Sebelum naskah artikel dipublikasikan, editor harus kembali memastikan bahwa bangunan tulisan sudah sesuai dengan kaidah, menggunakan lead yang memikat, memuat kutipan yang cukup dalam artian tidak kurang dan tidak berlebihan. Paragraf dalam artikel juga harus saling berkaitan, masuk ke dalam logika dan yang pasti adalah akurat.

Di akhir pemaparan, Endri menegaskan tega dan ikhlas adalah kunci melakukan editing. Tega untuk membuang kata dan bagian yang tidak berguna. Setelah pemaparan materi selesai, moderator membuka sesi diskusi untuk peserta yang ingin bertanya lebih dalam tentang editing. Acara ini ditutup dengan pengerjaan post test oleh peserta dan foto bersama untuk mengabadikan kegiatan GREAT 2021.

Penulis : Enka Sabbita Haqqi (Airlangga Nursing Journalist)
Editor : Risky Nur Marcelina (Airlangga Nursing Journalist)

 

Pin It
Hits 187

Add comment


Security code
Refresh