INFORMASI TEST ELPT (CLICK HERE) Pro Kontra Vaksinasi, Efektifkah Cegah Penularan Covid-19?

Pro Kontra Vaksinasi, Efektifkah Cegah Penularan Covid-19?

  • By Risky Nur Marcelina
  • In Ners News
  • Posted 10 Oktober 2021

NERS NEWS—BEM Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga baru saja melaksanakan KASUS (Kajian Isu Strategis) pada Jumat, (8/10/21). Acara ini merupakan acara wajib bagi mahasiswa baru 2021 Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga.

Melihat banyaknya perbedaan pendapat di masyarakat tentang kebijakan vaksin sebagai ketentuan saat mengakses atau berkunjung dalam kegiatan publik, sebagian dari mereka beranggapan bahwa cara tersebut merepotkan beberapa pihak karena seseorang harus memiliki kondisi yang prima saat vaksin.

Tak hanya itu beberapa masyarakat anti vaksin mengatakan, bahwa vaksin menjadi penyebab seseorang terjangkit penyakit baru sehingga mengancam keselamatan nyawa.

Namun, sebagian kalangan masyarakat beranggapan bahwa vaksinasi dapat membentuk kekebalan kelompok (herd immunity). Wajib vaksin terbukti efektif untuk mencegah angka penularan Covid-19. Sejauh ini, belum ada penelitian yang mengungkapkan bahwa vaksin berbahaya sehingga menjadi penyebab kematian.

Mengenai pro dan kontra kebijakan vaksinasi, KASUS mengangkat tema "Peran Mahasiswa dalam Menyikapi Kebijakan Vaksin sebagai Syarat Kegiatan Publik", mengajak para mahasiswa untuk berperan aktif dalam menyikapi masalah tersebut.

KASUS merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Departemen Kastrad. Berbeda dengan tahun lalu yang mana diskusi dilaksanakan h-1 sebelum acara melalui grup wa masing-masing kelompok, tahun ini tiap kelompok diberi kesempatan untuk berdiskusi melalui breakout zoom untuk menentukan argumen yang akan kelompok mereka bawa dalam debat.

Setiap kebijakan memiliki dua sisi yakni baik dan buruk, maka pengkajian dan pertimbangan harus terus dilakukan untuk menyikapi dari kebijakan yang dibuat di masyarakat, apalagi pro dan kontra dalam masyarakat sering terjadi. Netizen sebagai pengguna media sosial juga harus bijak dalam menyaring berita agar tidak serta merta termakan berita hoax sehingga menimbulkan keresahan pribadi.

Terlepas dari isu yang dibahas, acara ini bertujuan agar para mahasiswa baru dapat berpikir kritis dan terbuka dengan isu-isu atau kebijakan yang berkembang di masyarakat. Diharapkan dengan adanya diskusi secara langsung para peserta lebih percaya diri dalam menyampaikan pendapatnya di depan umum dan lebih bijak dalam menyikapi berita hoax yang beredar.

Penulis : Dewi Rachmawati (Airlangga Nursing Journalist)
Editor : Risky Nur Marcelina (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 7485