INFORMASI TEST ELPT (CLICK HERE) Mahasiswa FKp Unair Hadiri Kongres ILMIKI Ke XI

Mahasiswa FKp Unair Hadiri Kongres ILMIKI Ke XI

  • By Risky Nur Marcelina
  • In Ners News
  • Posted 11 Oktober 2021

NERS NEWS-Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga telah mengirimkan 10 delegasi keluarga mahasiswa untuk mengikuti serangkaian acara Kongres ILMIKI XI yang diadakan oleh Institusi Ilmu Kesehatan dan Teknologi Muhammadiyah Palembang. Kegiatan ini berlangsung selama 7 hari dan dilaksanakan secara online melalui zoom meeting.

Kongres ILMIKI XI menjadi agenda terakhir dari kepengurusan ILMIKI periode 2019 – 2021 yang juga merupakan titik tolak evaluasi perjalanan dan permusyawaratan antaranggota untuk kembali menetapkan tujuan, gerak langkah, serta strategi dalam menyambut kepengurusan baru selanjutnya.

Kongres ILMIKI XI ini diawali dengan dibukanya forum diskusi AD/ART pada 24 September 2021. Forum ini menjadi wadah untuk para delegasi institusi menyampaikan aspirasi terkait AD/ART. Kemudian disusul dengan agenda diskusi wilayah.

Pada 25 September 2021, kegiatan diawali dengan pembukaan resmi Kongres XI ILMIIKI yang secara langsung dihadiri oleh Sekretaris Jendral ILIMIKI 2019-2021, Rektor IKESTMP dan ketua PPNI Sumatera Selatan. Kemudian agenda dilanjutkan dengan Seminar Nasional dan pengenalan delegasi dari setiap institusi yang hadir.

Agenda pembukaan sidang tata tertib dan pemilihan presidium tetap dilaksanakan pada hari ketiga, yaitu pada 26 September 2021. Presidium tetap ini yang nantinya akan memimpin sidang hingga selesai. Pada hari yang sama juga dilaksanakan sidang AD/ART yang membahas tentang usulan – usulan para delegasi yang telah disampaikan pada forum sebelumnya. Dikarenakan pembahasan yang sangat panjang, Sidang AD/ART ini baru selesai dilaksanakan pada tanggal 2 Oktober 2021. Kegiatan dilanjutkan dengan pembahasan LPJ yang disampaikan secara langsung oleh pengurus ILMIKI periode 2019-2021.

Pada hari ke 6 Kongres ILMIKI XI, terdapat beberapa agenda diantaranya laporan tim penyeleksi atas kinerja mereka selama satu periode kepengurusan dan dilanjut dengan pelantikan anggota tetap ILMIKI. Selain itu, juga dilaksanakan pemilihan Sekretaris Jendral ILMIKI untuk periode yang baru. Kedua calon Sekjen harus melewati debat terbuka terlebih dahulu yang disaksikan oleh seluruh delegasi institusi yang hadir. Setelah melewati persaingan yang sangat sengit, terpilihlah Rizka Olivia, mahasiswa Universitas Nasional Jakarta Sebagai sekretaris Jendral ILIMIKI periode 2021-2023.

Hari terakhir pelaksanaan, tepatnya pada 9 Oktober 2021, terdapat agenda lanjutan yaitu Sidang Komisi dan juga Open Tender. Pada sidang kali ini, para delegasi melakukan diskusi di tiap tiap komisi. Kemudian hasil diskusi tersebut dibawa dan dipaparkan dalam forum terkait solusi dan permasalahan yang ada. Hasil dari sidang tersebut kemudian ditetapkan dan di SK oleh presidum. Agenda selanjutnya yaitu open tender proker wajib ILMIKI. Pada periode kepengurusan kali ini, delegasi Unair memutuskan untuk tidak mengambil proker wajib ILMIKI karena terdapat beberapa pertimbangan. Dengan berakhirnya Open Tender ini, berakhir juga serangkaian acara Kongres ILMIKI XI.

Titis Mustikowati, salah satu delegasi Unair dalam Kongres ILMIKI XI mengaku senang dan bangga dapat bergabung dalam forum terbesar mahasiswa keperawatan ini. Beliau juga mengaku telah belajar banyak hal seperti cara menyampaikan pendapat tanpa menjatuhkan orang lain, melatih public speaking dan juga berpikir kritis di tingkat nasional serta dapat mengenal lebih warna-warni budaya Indonesia.

“Karena Unair merupakan anggota tetap serta pendiri ILMIKI, semoga kedepannya Unair dapat terus berkontribusi secara nyata, terus meningkat dan tidak berkurang untuk perkembangan ILMIKI dan juga profesi Keperawatan”, pungkas Titis saat diwawancara melalui Whatsapp pada (10/10/2021)

Penulis : Enka Sabita Haqqi (Airlangga Nursing Journalist)
Editor : Risky Nur Marcelina (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 80

Add comment


Security code
Refresh