INFORMASI TEST ELPT (CLICK HERE) Mahasiswa Keperawatan UNAIR Gelar Webinar “Peningkatan Wawasan dan Kontribusi Mayarakat dalam Mitigasi Bencana Hidrometeorologi di Era Pandemi Covid-19”

Mahasiswa Keperawatan UNAIR Gelar Webinar “Peningkatan Wawasan dan Kontribusi Mayarakat dalam Mitigasi Bencana Hidrometeorologi di Era Pandemi Covid-19”

  • By Risky Nur Marcelina
  • In Ners News
  • Posted 08 November 2021

Ners News – Mahasiswa Fakultas Keperawata Universitas Airlangga menggelar webinar bertajuk “Peningkatan Wawasan dan Kontribusi Mayarakat dalam Mitigasi Bencana Hidrometeorologi di Era Pandemi Covid-19” pada Minggu, (7/11/2021). Webinar dilaksanakan melalui platform Zoom dan dihadiri lebih dari 700 participant baik dari kalangan pelajar, mahasiswa, pekerja, maupun masyarakat umum.

Webinar Mitigasi Bencana tersebut merupakan bentuk Project Based Learning (PJBL) yang diselenggarakan oleh Mahasiswa Program Studi S1 Keperawatan dari mahasiswa regular angakatan 2018, alih jenis B23, dan PMM-DN (Program Pertukaran Mahasiswa Dalam Negeri). Pengambilan tema webinar didasarkan atas kondisi Indonesia yang sering terjadi bencana, terlebih bencana hidrometeorologi.

“Salah satu bencana yang sering terjadi di Indonesia adalah bencana hidrometeorologi, sehingga kami berinisiatif untuk mengadakan webinar yang dapat memberikan ilmu dan pemahaman tentang bencana hidrometeorologi dan bagaimana cara meminimalkan dampak dari bencana tersebut”, ujar Kinmei Leon selaku ketua pelaksana, saat dilakukan wawancara via WhatsApp (8/11/2021).

Dalam webinar turut hadir Dr. Ika Yuni Widyawati, S.Kep.,Ns., M.Kep., Sp.Kep.,MB selaku Wakil Dekan I yang pada kesempatan itu mewakili Prof. Dr. Ah. Yusuf., S.Kp., M.Kes selaku Dekan Fakultas Keperawatan yang berhalangan hadir untuk membuka acara secara resmi.

“Tentunya dengan kegiatan webinar ini seluruh mahasiswa dan peserta nantinya diharapkan mampu menggunakan ilmu tersebut sebagai pionir-pionir untuk penanganan bencana di masyarakat”, Ujar Dr. Ika Yuni Widyawati saat memberikan sambutannya via Zoom.

Terdapat tiga materi inti yang disampaikan dalam webinar tersebut. Materi pertama disampaikan oleh Bapak Dadang Iqwandy, S.T., MT dari BPBD provinsi Jawa Timur. Materi kedua disampaikan oleh Dr. Budi Mulyadi., S.Kp., M.Kep., Sp.Kep.Kom selaku dosen bidang Ilmu Keperawatan Komunitas, dan materi terakhir disampaikan oleh bapak Sutono, S.Kp., Msc., M.Kep selaku Dosen di PSIK FKKMK UGM.

Selama berlangsungnya webinar, peserta sangat antusias, terlihat dari keaktifan mereka saat sesi tanya jawab dan diskusi dibuka. Di sela-sela perpindahan materi juga terdapat games yang disiapkan oleh panitia dengan menarik sehingga lebih menambah semangat dari para peserta webinar.

Kinmei Leon selaku ketua pelaksana mengungkapkan harapan dari terselenggarannya webinar ini.

“Harapannya masyarakat Indonesia lebih memahami tentang bagaimana menyikapi bencana, dan untuk mahasiswa keperawatan, dari webinar ini saya berharap supaya kita semua bisa lebih siap dalam memberikan bantuan dan pertolongan pada masyarakat terutama yang menjadi korban bencana”, pungkas Kinmei Leon.

Penulis: Miftakhul Qorni Isna (Airlangga Nursing Journalist)
Editor : Risky Nur Marcelina (Airlangga Nursing Journalist)

 

Pin It
Hits 955