INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Efektivitas Kompres Hangat Daun Kelor Untuk Mengurangi Nyeri Bagi Lansia Mandiri Di Panti Griya Wreda Jambangan Surabaya

  • By USI_FKp
  • In Ners News
  • Posted 14 June 2022

NERS NEWS - Perubahan demografi populasi dunia yang mengarah pada peningkatan jumlah penduduk usia yang lebih dari 60 tahun menjadi tantangan bagi praktisi atau profesi kesehatan. Pertambahan usia yang dialami oleh lansia juga diikuti oleh penurunan fungsi tubuh, salah satunya penurunan kekuatan otot juga serta terdapat kerentanan terhadap penyakit tertentu. Berbagai penurunan fungsi tubuh inilah yang menyebabkan nyeri sendi kerap menjadi masalah utama yang dirasakan lansia. Penerimaan terhadap nyeri pada lansia diduga dapat meningkatkan kemampuan lansia dalam melakukan aktivitas sehari-hari, kenyamanan, dan kualitas hidup. Sebagian besar 85% lansia mandiri di Panti Griya Wreda Jambangan Surabaya mengeluh akan hal tersebut, nyeri sendi yang dikeluhkan bermacam-macam mulai dari nyeri tangan, nyeri lutut, dan nyeri kaki.
Mahasiswa program studi ners Universitas Airlangga pada bulan Juni 2022 melakukan kegiatan praktikum stase gerontik secara offline dengan berjumlah 21 mahasiswa. Dengan berbagai keluhan nyeri sendi dari para lansia mandiri di Panti Griya Wredha Jambangan Surabaya ini mahasiswa program studi ners Universitas Airlangga kini memberikan salah satu implementasi inovasi selama 3 hari yaitu “Kompres Hangat Daun Kelor”. Hal tersebut diberikan pada lansia mandiri yang mengalami nyeri sendi, mulai dari tangan, lutut, hingga kaki.
Khasiat dari daun kelor sendiri mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh. Daunnya mengandung vitamin C 7 kali lebih banyak dibandingkan buah jeruk dan kalium 15 kali lebih banyak dari buah pisang. Selain itu, daun kelor juga menyimpan protein, kalsium, zat besi, dan asam amino sehingga berguna untuk menyembuhkan jaringan dan membentuk otot. Selain itu, daun kelor juga dipenuhi oleh antioksidan, yakni zat yang dapat membantu mencegah kerusakan sel. Antioksidan yang dimiliki daun kelor juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Riset telah membuktikan bahwa antioksidan ini dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi lemak di darah maupun tubuh.
Kesan lansia mandiri di Panti Griya Wreda Jambangan Surabaya sangat positif, lansia sangat merasa lebih enak, lebih leluasa jika dibuat nekuk, dan lansia juga tampak jarang memegangi area sendi yang dirasa nyeri. “Alhamdulillah, enak mbak cekot-cekotnya berkurang kaki sudah bisa buat nekuk dan jauh lebih enteng” -pungkas beberapa lansia.
Pembimbing akademik program studi ners Universitas Airlangga dan Pembimbing panti Griya Wreda Jambangan Surabaya kini memberikan saran agar ada inovasi terbaru/ ter-update dari masalah-masalah yang sering terjadi pada lansia.

Penulis : Kelompok D2.B (B-23) Stase Keperawatan Gerontik Fakultas Keperawatan Program Studi Profesi Ners Universitas Airlangga

 

Pin It
Hits 125