INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Mahasiswa Internasional Belanda Hanze University dan Bidang Keperawatan Menjadi Peserta Seminar Kasus Residen Ners Spesialis di RSUP Dr Kariadi, Semarang

  • By USI_FKp
  • In Ners News
  • Posted 21 June 2022

NERS NEWS - Kamis 16 Juni 2022, Semarang dilaksanakan Seminar Mahasiswa SpKMB (Spesialis Keperawatan Medikal) Bedah di RSUP Dr. Kariadi (Rumah Sakit Umum Pusat Kariadi) dan di RSI Sultan Agung Semarang (Rumah Sakit Islam Sultan Agung). Kegiatan ini adalah implementasi dari SDGs 17 yaitu partnership for the goals dan SDGs 4 Quality Education for All. RSUP Dr. Kariadi adalah salah satu rumah sakit jejaring FKp UNAIR (Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga). Rumah sakit jejaring adalah rumah sakit mitra FKp UNAIR untuk melaksanakan tridharma perguruan tinggi. FKp UNAIR melaksanakan salah satu tridharma yaitu Pendidikan di RSUP Dr. Kariadi. Mahasiswa Spesialis Keperawatan Medikal Bedah Angkatan 3 melaksanakan praktek klinik di RSUP Dr. Kariadi. Delapan orang mahasiswa SpKMB telah praktik selama 10 minggu untuk menempuh mata kuliah Keperawatan Medik dan Keperawatan Bedah. Seminar dilaksanakan sebagai salah satu requirement yang harus diselesaikan mahasiswa dalam menempuh proses Pendidikan.
Seminar adalah suatu acara pertemuan ilmiah antara mahasiswa SpKMB, PPK (perawat pendidik klinik), dan dosen akademik. Mahasiswa berperan sebagai penyaji sedangkan PPK dan dosen akademik berperan sebagai penyanggah dan fasilitator. Mahasiswa telah menyiapkan materi tentang asuhan keperawatan lanjut pada kasus pasien kelolaan masing – masing. Mahasiswa mengelola banyak pasien selama durasi praktik klinik dan ditugaskan untuk memilih satu kasus yang paling baik. Kasus ini dikelola oleh kelompok sehingga dapat memberikan perawatan yang komprehensif. Kasus yang telah dikelola didokumentasikan kelompok dan dilaporkan pada seminar.
Delapan mahasiswa terbagi menjadi 2 kelompok yang masing – masing terdiri dari 4 mahasiswa menyajikan kasus dengan baik. Kelompok pertama menyajikan kasus tentang pasien luka bakar pada kedua tangan dan dilakukan fasciotomy, perawatan luka, dan tatalaksana luka bakar. Pasien kedua yang disajikan adalah seorang wanita yang dirawat dengan keluhan DM Tipe II (diabetes mellitus tipe II) yang telah melalui amputasi kaki kiri. Kedua pasien dirawat dengan pendekatan patient centered care dimana Ners Spesialis menjadi case manajer. Ners Spesialis bekerjasama dengan tenaga Kesehatan professional lainnya untuk menyajikan perawatan terbaik pada pasien. Seluruh kelompok mengumpulkan seluruh fakta dari pasien dan melaporkan secara kritis.
Seminar ini dihadiri oleh beberapa tamu undangan jajaran pimpinan perawat RSUP Dr Kariadi. Tamu undangan adalah Bidang Keperawatan diwakili oleh Ns. Anto Indriyandi, S.Kep., MKM; Ka. Instalasi R. Rajawali Ns. Indriyani, S.Kep; KaRu 2A Rajawali Ns. Trimaningsih, S.Kep; KaRu 2B Rajawali Ns. Putut, S.Kep; dan Clinical Educator Ns. Shafaatun.
yale 2
Seluruh pimpinan yang hadir memberikan apresiasi kepada Ners Spesialis. Ners Spesialis diharapkan untuk menjadi professional yang memenuhi kemampuan congnitif level 5 menurut Taxonomy Bloom yaitu mampu untuk melakukan evaluasi terhadap praktik yang telah dilakukan. Ns Anto menambahkan bahwa seorang Ners Spesialis akan mengemban jabatan sebagai perawat PK 4 (Perawat Klinis 4). PK 4 memiliki spesifikasi seorang perawat yang mampu menangani masalah klien yang kompleks di area spesialistik. Seorang Ns spesialis mampu melakukan kontijensi plan dan contingency skill terhadap masalah sehari – hari yang kompleks.
yale 3
Seminar ini juga dihadiri oleh mahasiswi internasional dari Hanze University Netherlands. Dua mahasiswi tersebut adalah Sarjana Keperawatan tahun terakhir. Moderator seminar Ns. Hakim Zulkarnain, MSN secara bilingual yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris untuk membantu mereka memahami materi seminar. Nikki salah satu mahasiswi Hanze University turut berbagi pengetahuannya tentang tatalaksana DM (diabetes mellitus) di Netherlands. Dia mengatakan bahwa profesi dietician terlibat aktif untuk memberikan rekomendasi diet pada pasien DM. Dietician juga memberikan rekomendasi diet saat pasien telah kembali ke komunitas bukan hanya saat di rumah sakit. Komentar mereka tentang topik kasus seminar sangat menarik dan sesuai dengan topik terkini.

yale 4
Kaprodi SpKMB Bapak Dr. Sriyono, S.Kep., Ns., M.Kep.Ns.Sp.Kep.MB memberikan dorongan kepada mahasiswa untuk mempublikasikan portofolio sebagai sebuah case study pada jurnal yang bereputasi. Menurut beliau topik yang diseminarkan menarik dan sesuai dengan isu terkini. Meskipun demikian beliau mengatakan bahwa perlu adanya pematangan narasi artikel. Secara umum beliau sangat puas dengan seminar oleh mahasiswa SpKMB.

Pin It
Hits 85