INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Dan Yale University Melakukan Strategic Meeting Untuk Menginisiasi Kolaborasi

  • By USI_FKp
  • In Ners News
  • Posted 21 June 2022

NERS NEWS - Hari Minggu tanggal 19 Juni 2022 telah dilaksanakan Strategic Meeting antara Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga bersama dengan international affair dari Yale University USA (United States of America). Meeting ini dilaksanakan sebagai pilot meeting untuk kerjasama lebih lanjut antara kedua fakultas.

Fakultas Keperawatan Unair diwakili oleh koordinator faculty ambasador Bu Lingga Curnia Dewi S.Kep., Ns., M.Kep., Bu koordinator tracer alumni Bu Tias Kusumawardhani mkep, dan sekretaris sdgs Center Pak Hakim Zulkarnain MSN. Kemudian school of learning yel university diwakili oleh Dr Zhao Ni.
Strategic Meeting ini dilaksanakan dengan beberapa agenda yaitu yang pertama potensi kolaborasi antara kedua fakultas, kedua misi dan isu yang sedang diusung kedua fakultas, ketiga program exchange student dan staff, keempat speakers for INC (International Nursing Conference) 2023, dan yang terakhir kolaborasi riset dan publikasi.
Bu Lingga menawarkan program dari Fakultas Keperawatan Unair dengan antusias kepada aktivitas akademika School of Nursing Yale University. FKp UNAIR telah menyiapkan beberapa proposal sehingga dapat digunakan sebagai dasar untuk meeting oleh pimpinan school of nursing university.
Doktor ni sangat antusias dengan inisiasi kolaborasi ini. dokter nih mengatakan bahwa suatu kolaborasi penting untuk diawali dengan beberapa kegiatan bahkan sebelum ditandatanganinya sebuah mou (memorandum of understanding). Doktorni menyarankan untuk dilakukan kerjasama penulisan manuskrip sehingga antar civitas akademika kedua fakultas bisa mengimplementasikan ilmunya dan melakukan publikasi yang berdampak sangat luas. Dokter nih menambahkan bahwa dia melakukan riset pada bidang nonkomunicable disease/penyakit tidak menular yaitu hipertensi. Dia banyak melakukan riset dan mendapatkan grant untuk mengembangkan aplikasi atau teknologi yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang mengalami hipertensi. Risetnya yang terbaru dilakukan di Nepal dengan membuat sebuah aplikasi monitoring hipertensi. Pada riset ini masyarakat dilatih untuk menjadi kader pemeriksaan hipertensi sekitar 70 orang. Kader tersebut kemudian diterjunkan ke masyarakat dan mendapatkan tugas untuk memeriksa komunikasi yang lebih luas terkait keluhan dan pemeriksaan lain tentang hipertensi. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa banyak orang mengalami hipertensi tetapi tidak terdeteksi dan tidak melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan.
Doktor Ni sangat tertarik dengan topik riset yang diinisiasi oleh Bu Tiyas Kusumaningrum S.Kep., Ns., M.Kep yaitu tentang early year marriage. Menurutnya riset tersebut penting dilakukan karena early marriage menjadi faktor determinan untuk masalah dalam perkawinan serta masalah kesehatan pada ibu hamil.
Meeting ini diakhiri dengan kesepakatan antar kedua fakultas untuk menjalin komunikasi lebih lanjut dan melegalkan kerjasama ini dalam sebuah fakta kerjasama dan segera memulai kegiatan kolaborasi.

Pin It
Hits 63