INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Mahasiswa Keperawatan Universitas Airlangga Melakukan Pendampingan Aktivitas Ular Tangga Kepada Lansia Di Rumah Sakit Universitas Airlangga

  • By USI_FKp
  • In Ners News
  • Posted 21 June 2022

NERS NEWS - Proses menua merupakan periode perubahan fisik, psikologis dan sosial yang tak terhindarkan. Lansia akan mengalami perubahan atau kemunduran fisik, mental, sosial, dan spiritual, serta perubahan pada saraf yang ditandai dengan penurunan daya ingat. Lansia juga akan mengalami penurunan fungsi otak, sehingga olahraga dan aktivitas otak diperlukan untuk menangkal penurunan ini. Gangguan ini menyebabkan kualitas hidup yang kurang optimal dan berbagai penyakit pikun atau demensia yang menjangkiti lansia.
Salah satu terapi aktivitas yang dapat melatih daya ingat dan melindungi dari gejala demensia di hari tua adalah bermain ular tangga. Snakes and ladders atau permainan ular tangga adalah permainan yang menuntut pemainnya untuk menyusun strategi. Permainan ini memberi mereka kesempatan untuk bersosialisasi satu sama lain sambil meningkatkan kemampuan fisik dan mental mereka.
Perasaan positif, tawa, dan kegembiraan yang datang dengan bermain permainan papan dapat membantu tubuh melepaskan zat kimia pelawan stres dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk itu, mahasiswa Keperawatan Universitas Airlangga melakukan pendampingan aktivitas Snake and Ladders (Ular Tangga) kepada lansia pada Kamis, 16 Juni 2022 di RS Universitas Airlangga, tepatnya di depan poliklinik geriatri RS Universitas Airlangga dengan didampingi oleh dosen Keperawatan Universitas Airlangga.
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melatih otak sehingga dapat meningkatkan daya ingat pada lansia di Poliklinik Geriatri Rumah Sakit Universitas Airlanga. Selain itu, kegiatan pendampingan aktivitas ini dapat membantu menciptakan suasana santai dan menyenangkan bagi para lansia di Poliklinik Geriatri Rumah Sakit Universitas Airlanga.
Para lansia menyambut antusias kegiatan pendampingan aktivitas Snake and Ladders (Ular Tangga). Lansia yang mengikuti kegiatan pendampingan aktivitas Snake and Ladders (Ular Tangga) mampu memainkan permainan tersebut.
Respon lansia mengenai kegiatan pendidikan kesehatan sleep hygiene sendiri, mendapatkan antusiamse yang tinggi. Lansia yang hadir aktif bertanya mengenai masalah-masalah yang sering muncul di kehidupan sehari-hari. Banyak lansia yang ternyata mengalami gangguan tidur insomnia dan tidak mengetahui teknik untuk mengatasi masalahnya. Lansia yang hadir rata-rata menunjukkan jika akan menerapkan sleep hygiene di dalam kegiatan tidurnya.

Penulis: Dosen dan Mahasiswa Keperawatan Universitas Airlangga

Pin It
Hits 76