INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Penyuluhan Kesehatan Rumah Sakit “Asi Ekslusif dan Teknik Menyusui yang Baik dan Benar"

  • By NAILI RAUDIATUS ZAHRA
  • In Ners News
  • Posted 23 November 2022

NERS NEWS - Pada hari Kamis, 17 November 2022 pada pukul 10.30 WIB mahasiswa profesi keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga memberikan penyuluhan mengenai pendidikan kesehatan rumah sakit Pemberian ASI Eksklusif dan Teknik Menyusui di lingkungan rumah sakit sebagai upaya peningkatan kesadaran ibu dalam memberikan ASI Eksklusif selama 6 bulan pertama dengan tujuan meningkatkan kecukupan nutrisi pada tumbuh kembang anak. Penyuluhan ini dihadiri oleh Ibu pasien bayi yang berada di ruang Perina RSUA, Mahasiwa profesi keperawatan kelompok E staste anak, serta wakil pembimbing klinik kelompok yaitu Ns Ana Puspa Sari,S.Kep.

Kegiatan penyuluhan ini disebut sebagai PKRS (Pendidikan Kesehatan Rumah Sakit). Kegiatan ini merupakan kegiatan wajib yang dilakukan mahasiswa profesi keperawatan Universitas Airlangga saat melaksanakan praktik profesi di Rumah Sakit. Topik PKRS yang dipilih yaitu pemberian ASI Eksklusif dan Teknik menyusui yang benar.

Menyusui adalah proses memberikan makanan pada bayi dengan menggunakan air susu ibu langsung dari payudara ibu. Salah satu kandungan dari ASI yaitu mengandung zat antibodi, bayi akan terlindungi dari berbagai macam infeksi, baik yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur atau parasit. Teknik menyusui adalah suatu cara pemberian ASI yang dilakukan oleh seorang ibu kepada bayi, demi mencukupi kebutuhan nutrisi bayinya. Kecukupan nutrisi yang baik pada bayi akan membantu tercapainya kesehatan tumbuh kembang yang maksimal.

Dengan adanya penyuluhan ini, diharapkan ibu dapat melakukan pemberikan ASI yang mencukupi selama proses tumbuh kembang, memahami kandungan ASI, teknik pemberian ASI yang baik agar bayi merasa nyaman saat menyusu. Respon Ibu pasien bayi di ruang Perina RSUA mengenai penyuluhan yang diberikan sangat baik. Ibu pasien antusias mengikuti kegiatan penyuluhan dan mempratikkan latihan dengan baik, mampu mengulangi penjelasan yang telah diberikan, dan menunjukkan bahwa materi yang disampaikan mampu terserap dengan baik.

 

Penulis: Arinie Sabela
Editor: Naili Raudiatus Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 45