INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

VJR "Kembali Gemakan Sholawat di Dunia Kampus"

  • By NAILI RAUDIATUS ZAHRA
  • In Ners News
  • Posted 23 November 2022

NERS NEWS - Voice of Jama’ah Rufaidah (VJR) merupakan kegiatan belajar keterampilan musik rebana, atau hadroh yang dilaksanakan setiap dua minggu sekali dengan sasaran mahasiswa muslim FKp Unair dengan tujuan membentuk group hadroh mahasiswa FKp Unair yang nantinya siap untuk tampil di acara-acara mahasiswa dan juga siap untuk mengikuti perlombaan hadroh dan nasyid mewakili Fakultas serta sebagai wadah pengembangan bakat mahasiswa muslim FKp Unair.

Kegiatan ini dilaksanakan setiap dua minggu sekali tepatnya pada minggu kedua dan minggu keempat hari Rabu pukul 18.30 - 20.00 WIB. Kegiatan dilaksanakan mulai 16 Maret 2022 sampai dengan 12 Oktober 2022, setiap Rabu minggu kedua dan keempat pukul 18.30 - 20.00 WIB. Target pesertanya adalah 10 orang yang nantinya akan dilatih untuk dibentuk group serta akan dilatih oleh pelatih nasyid. Model perekrutan anggota atau peserta adalah dengan membuka pendaftaran bagi mahasiswi muslim Fakultas Keperawatan Unair yang berminat.

Kegiatan ini dilakukan sebanyak 9 kali pertemuan dengan durasi waktu 90 menit setiap kali tatap muka. 10 menit pertama untuk pembukaan oleh pemateri. 5 menit selanjutnya adalah pembacaan tilawah, kemudian latihan nasyid selama 60 menit kemudian 15 menit terakhir adalah penutup dan doa.

Kegiatan VJR ini memiliki tujuan dan sasaran pada SDGs, yaitu SDGs 4 dan SDGs 8, diantaraya yaitu :

• SDGs 4 : Kegiatan VJR ini berbentuk kegiatan pelatihan musik hadroh dan vokal nasyid. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan minat mahasiswa fakultas keperawatan universitas airlangga tentang musik hadroh dan juga vokal nasyid yang nantinya dapat menyuarakan gema sholawat yang meningkatkan keimanan dan ketaqwaan para mahasiswa. Selain itu, kegiatan VJR ini juga diharapkan dapat menjadi wadah bagi para mahasiswa dalam mengembangkan skill dan hobi mereka terhadap sholawat di kegiatan VJR ini. Sehingga para mahasiswa FKp Unair memiliki kegiatan dan hobi yang positif dan juga di berikan fasilitas.

• SDGs 8 : Kegiatan VJR ini diharapkan dapat menjadi kegiatan positif untuk para mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga yang nantinya juga dapat digunakan sebagai wadah mengembangkan hobi dan dapat digunakan sebagai kesempatan untuk bekerja sesuai dengan hobi yang dapat menunjang pertumbuhan ekonomi yang layak dan juga inklusif.

 

Penulis : Ardenia Revita Susanto
Editor : Naili Raudiatus Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 69