INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Fkp Unair Sukses Gelar PEMIRA 2022 Sebagai Wujud Demokrasi Kehidupan Mahasiswa

  • By INAYA NUR KHOFIFAH
  • In Ners News
  • Posted 23 November 2022

NERS NEWS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga sukses menyelenggarakan Pemilihan Umum Raya (PEMIRA) tahun 2022 yang puncaknya dilaksanakan pada Selasa (15/11/2022). Selain KPU sebagai penyelenggara, juga dibentuk PPU dan PANWASRA sebagai pelaksana dan pengawas PEMIRA.

PEMIRA adalah sarana demokrasi dalam kehidupan mahasiswa di lingkungan KM FKp UNAIR untuk memilih ketua dan wakil ketua umum BEM, anggota DLM, dan anggota BLM. Kegiatan ini dilakukan setiap akhir dari kepengurusan Ormawa di setiap periodenya.

Sebelum vote, sudah ada kegiatan yang terselenggara sebagai serangkaian kegiatan dari PEMIRA, dimulai dari technical meeting, tes tulis atau FPT, wawancara, dan uji masyarakat kampus melalui agenda Forum Group Discussion (FGD).

“Untuk uji masyarakat kampus pada PEMIRA tahun 2022 ini ada agenda baru yaitu FGD untuk mengetahui seberapa siap paslon untuk menjadi ketua dan wakil ketua BEM FKp UNAIR”, ujar Nina Nur Fadhilah sebagai ketua pelaksana PEMIRA tahun 2022.

Mekanisme PEMIRA tahun ini dilakukan secara blended, yaitu penggabungan sistem daring untuk safari kelas, dan luring untuk orasi, FGD, pembukaan serta perhitungan suara yang turut menambah semarak dan semangat pada PEMIRA tahun ini. Pengambilan suara dilakukan panitia dengan menggunakan sistem e-vote yang sudah disediakan oleh pihak Universitas.

“Antusiasme dari keluarga mahasiswa cukup baik pada PEMIRA tahun ini, apalagi kegiatan orasi dilakukan secara luring di halaman tengah Fakultas Keperawatan. Hal tersebut menambah semarak dan semangat baik dari paslon maupun dari teman-teman mahasiswa.” Ujar Nina Nur Fadhilah.

Akhir dari perhitungan suara didapatkan hasil Rizky Ardyan Eka Putra sebagai Ketua Umum BEM dan Nila Aulia Ira Cahyani sebagai Wakil Ketua Umum BEM Fakultas Keperawatan Periode 2023/2024. Disusul dengan penetapan Afvinda Vilvia dan Deden Putra sebagai DLM Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga serta penetapan senator baik dari angkatan 20, 21, dan 22.

“Semoga para peserta yang terpilih menjadi ketua dan wakil ketua umum BEM, anggota DLM, dan anggota senator mampu menjadi pemimpin yang amanah, dapat membawa perubahan untuk Fakultas Keperawatan menjadi lebih baik serta mampu mewujudkan aspirasi dari teman-teman mahasiswa”, pungkas Nina Nur Fadhilah.

Penulis: Miftakhul Qorni Isna (Airlangga Nursing Journalist)
Editor: Inaya Nur Khofifah (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 71