INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Mahasiswa Profesi Ners Fakultas Keperawatan Memberikan Penyuluhan “Mengenal Tanda Serangan Jantung” pada Keluarga Pasien yang Ada di Ruang Tunggu ICU RSUA Lantai 6

  • By NAILI RAUDIATUS ZAHRA
  • In Ners News
  • Posted 15 January 2023

NERS NEWS - Mahasiswa Profesi Ners Kelompok B1.2 Stase Keperawatan Dawat Darurat dan Kritis Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga telah berhasil menyelenggarakan penyuluhan kesehatan rumah sakit (PKRS) dengan topik “Mengenal Tanda Serangan Jantung” pada Jum’at 13/01/23. Kegiatan ini dilaksanakan secara langsung di selasar ruang tunggu keluarga pasien ICU di Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) dengan sasaran keluarga atau pendamping pasien yang mendapatkan perawatan di Ruang ICU/ICCU lantai 6.

PKRS ini merupakan salah satu kegiatan dari serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa Profesi Ners untuk memenuhi kompetensi sebagai Ners. Topik yang diangkat kali ini mengenai "Mengenal Tanda Serangan Jantung", dimana penyakit jantung merupakan penyakit pembunuh nomor satu di dunia terutama pada kalangan dewasa dan lanjut usia. Pada tahun 1990 tercatat sebanyak 14,4 juta kematian akibat serangan jantung. Angka tersebut meningkat menjadi 17,5 juta pada tahun 2005, dan pada tahun 2030 diperkirakan akan meningkat kembali hingga mencapai angka 23,6 juta jiwa penduduk (American Heart Association, 2014). Penatalaksanaan yang tepat, terutama penatalaksanaan awal, akan mengurangi angka rawatan rumah sakit, mortalitas, dan morbiditas pada pasien dengan SKA. Penatalaksanaan yang tepat hanya bisa diberikan ketika diagnosis yang benar mampu ditegakkan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penting sekali bagi masyarakat awam memiliki pengetahuan yang baik tentang bagaimana cara mengenali tanda serangan jantung agar segera mendapatkan perawatan dari tenaga kesehatan.

"Kelompok kami sengaja mengangkat topik mengenai serangan jantung karena masih banyak keluarga ataupun pendamping pasien yang masih belum memahami bagaimana tanda dan gejala serta upaya seperti apa untuk mencegah terjadinya serangan jantung, sehingga penyuluhan ini penting dilakukan agar kedepannya dapat menerapkan materi penyuluhann dengan sebaik mungkin," ujar Benaya, selaku perwakilan kelompok B1.2.

Kegiatan ini terdiri dari penyampaian materi terkait Serangan Jantung dan dilanjutkan edukasi penangan pertama serangan jantung pada keluarga serta pandamping keluarga mulai dari pengertian, faktor penyebab, tanda dan gejala.

Point penting mengenal tana dan gejala serangan jantung dengan CERMAT, yaitu:

1. Cepat merasa lelah

2. Rasa nyeri dada seperti tertekan benda berat, rasa terbakar atau tertusuk yang dapat menjalar ke daerah leher, rahang, lengan, atau punggung.

3. Muncul mual muntah

4. Adanya keringat dingin dan pusing

5. Timbul secara mendadak

Tidak hanya itu, pemateri juga menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan pada pasien serangan jantung ada beberapa pasien tidak mengeluh apa-apa, paling sering dirasakan pasien dengan Diabetes Melitus. Tidak lupa beserta penangan pertama serangan jantung, meliputi:

1. Jika terdapat keluhan diatas, segera bawa ke Pelayanan Kesehatan

2. Bawa pasien ke tempat yang lebih aman

3. Jika ada obat, bisa meminum obat (pada pasien yang ada penyakit jantung)

4. Melonggarkan baju

5. Memberikan Resusitasi jika terjadi henti jantung (pada orang yang sudah terlatih)

Selama kegiatan berlangsung, keluarga terlihat sangat antusias dalam mendengarkan dan mengikuti kegiatan tersebut. Pendidikan Kesehatan Rumah Sakit ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dan diskusi serta evaluasi singkat terkait materi yang telah disampaikan. Secara keseluruhan acara terlaksana dengan baik dan sasaran dapat memahami terkait informasi yang telah diberikan.

"Semoga dengan diadakannya penyuluhan ini, keluarga semakin memahami tentang penyakit serangan jantung dan cara penangan pertama dengan diadakannya penyuluhan terkait “Mengenal Tanda Serangan Jantung”. Kepada keluarga ataupun pendamping pasien lebih mnegetahui tanda dan gejala serangan jantung lebih dini dan mampu untuk melakukan pemeriksaan secara rutin sehingga dapat mencegah terjadinya serangan jantung" harapan dan tutup Jeakline selaku perwakilan kelompok saat diwawancarai secara langsung pada 13/01/23.

 

Penulis: Amanda Apriliya
Editor: Naili Raudiatus Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 106