INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Berbagai Manfaat Lilin Aromaterapi untuk Kesehatan Mental

  • By Alina Ramadani
  • In Lihat
  • Posted 08 June 2022

Stress merupakan keadaan yang kerap muncul dalam kehidupan sehari-hari. Banyak orang mencari berbagai cara untuk menghilangkan stress yang muncul. Salah satu cara menghilangkan stress, yaitu dengan menyalakan lilin aromaterapi.

Khasiat Lilin Aromaterapi

Pada saat ini, banyak sekali produk lilin aromaterapi yang dijual dipasaran. Selain dapat mengatasi stress, ada beberapa manfaat lain dari penggunaan lilin aromaterapi ini. Berikut adalah manfaat dari lilin aromaterapi :

1. Meningkatkan suasana hati

Lilin aromaterapi dapat menciptakan ketenangan dan membantu meringankan gejala stress dengan menurunkan hormon kortisol dalam tubuh. Beberapa lilin tertentu dibuat untuk mengaktifkan serotonin dan dopamin sehingga dapat mendukung suasana hati yang positif. Suasana hati yang positif dapat meningkatkan energi bagi tubuh.

2. Menenangkan pikiran

Aroma dari lilin aromaterapi sangat beraneka ragam, seperti ekstrak bunga dan herbal. Aroma tersebut bermanfaat menenangkan pikiran karena dapat mengurangi kadar hormon kortisol dalam tubuh. Kortisol merupakan salah satu hormon yang terlibat dalam respon stress tubuh.

3. Membuat tidur nyenyak

Menghirup aroma dari lilin aromaterapi dapat membuat tubuh menjadi lebih tenang dan rileks. Dengan keadaan tersebut, maka akan lebih mudah untuk tertidur di malam hari.

4. Membuat fokus saat meditasi

Lilin aromaterapi menjadi cara yang efisien untuk berlatih meditasi serta dapat membantu menyampingkan pikiran negatif.

Nah, itulah beberapa manfaat dari lilin aromaterapi yang baik untuk kesehatan, terutama kesehatan mental.

Penulis : Natasya P. R (Airlangga Nursing Journalist)

Editor: Rifdayanti M. Amalia (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 19602

Berita Terbaru