INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Tim PKM UNAIR Adakan Sharing Session tentang Bebat dan Bidai Bersama FPRB Desa Panglungan

  • By Salwa Az Zahra
  • In Ners News
  • Posted 04 July 2024

NERS NEWS – Tim PKM UNAIR yang beranggotakan Tsabitah Rif’ah Nur Rahmah, Faiz Wildan Anshory, Ferdy Arrosyd, Vina Rohmatak, dan Nafisa Dwi Agustina mengadakan sharing session bersama dengan anggota Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB). Sharing session tersebut mengusung topik mengenai cara melakukan bebat dan bidai. Kegiatan berlangsung Senin (23/6/2024) di Aula Wisata bukit Matahari dan diikuti oleh 15 kader.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan, lalu sedikit materi singkat terkait bebat dan bidai. Materi yang disampaikan meliputi cara membebat, prinsip bebat, cara membidai, prinsip bidai, kontraindikasi keduanya, dan lainnya.

Selama sesi pelatihan dengan kader, kader diberikan sebuah mitela (media praktik) sehingga selama sesi pelatihan, kader bisa dapat langsung mempraktikkan materi yang diberikan. Selain itu, kader dipersilahkan untuk saling melakukan bebat dan bidai kepada teman sepasangnya disamping. tim Osteoblast memberikan arahan dan koreksi secara langsung untuk memastikan bahwa setiap peserta memahami dan mampu melakukan teknik bebat dan bidai dengan benar. Semua hal ini, tim Osteoblast lakukan untuk memberikan pengalaman dan pemahaman pada situasi gawat darurat pada seorang individu yang terluka nantinya terkhususnya lagi pada korban patah tulang.

Suasana pelatihan kali ini berjalan dengan kondusif dan komunikasi yang efektif secara 2 arah antara kader dan tim Osteoblast. Dalam hal ini pula, timbulah pertanyaan-pertanyaan dari kader yang menarik dan kami berikan solusi yang membangun. Kegiatan ini diakhiri dengan sesi dokumentasi dan penutupan oleh Ketua FPRB, serta Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi para kader dalam melaksanakan tugas-tugas mereka di lapangan.

 

Penulis: Faiz Wildan Anshory
Editor : Salwa Az Zahra (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 101