INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

RAGAM 2024: Sosialisasi Urgensi Peran Keluarga dalam Ketepatan Diagnosis untuk Meningkatkan Keselamatan Pasien Oleh Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga di Ruang OK RSUA

  • By Anindya Putri Ravina
  • In Ners News
  • Posted 23 September 2024

NERS NEWS – Sebagai bagian dari perayaan WPSD 2024, PUI-PT Center of Excellence for Patient Safety and Quality, Universitas Airlangga, bermaksud untuk mengadakan pelatihan bagi tenaga kesehatan dari 30 Puskesmas di Kabupaten Sidoarjo. Pelatihan ini akan difokuskan pada penguatan pengetahuan dan keterampilan dalam implementasi keselamatan pasien, serta strategi untuk meningkatkan partisipasi aktif pasien dan keluarga dalam proses perawatan. Sebagai bagian dari perayaan World Patient Safety Day (WPSD) 2024, kelas A2 Angkatan 2023 melaksanakan sebuah proyek yang berfokus pada peningkatan keselamatan pasien di ruang tunggu operasi (OK).

Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pasien dan keluarga melalui penyediaan informasi kesehatan yang jelas serta dukungan emosional yang memadai sebelum dan setelah operasi maupun dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini meliputi penyuluhan kepada keluarga pasien mengenai pentingnya komunikasi yang efektif dengan pasien yang terkadang mempunyai emosional tidak stabil dikarenakan penyakitnya, serta penyediaan materi edukasi tentang proses operasi dan langkah-langkah keselamatan yang diambil untuk memastikan keamanan pasien. Dengan meningkatkan pemahaman dan mengurangi kecemasan keluarga, diharapkan dapat memperbaiki keseluruhan pengalaman pasien dan mendukung perawatan yang lebih aman.

Urgensi proyek ini terkait erat dengan kebutuhan untuk mengurangi kesalahan diagnosis dan meningkatkan keselamatan pasien, yang merupakan fokus tema WPSD 2024. Keterlibatan keluarga dalam menyediakan informasi kesehatan dan dukungan emosional berfungsi sebagai lapisan tambahan dalam sistem keselamatan pasien, dengan membantu pasien merasa lebih aman dan terinformasi. Di ruang tunggu OK Rumah Sakit Universitas Airlangga, proyek ini menjadi krusial karena ruang ini seringkali menjadi titik kritis di mana informasi dan dukungan emosional dapat mempengaruhi persepsi pasien tentang keselamatan mereka. Dengan melibatkan keluarga secara aktif dalam proses ini, proyek ini berkontribusi pada upaya keseluruhan untuk mengurangi insiden keselamatan pasien dan meningkatkan kualitas perawatan di rumah sakit.

Acara sosialisasi tentang dukungan emosional keluarga terhadap pasien di Rumah Sakit Universitas Airlangga yang dilakukan oleh Kelas A2 Angkatan 2023 Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga dimulai dengan pembukaan oleh MC, yang akan menyapa seluruh peserta dan membacakan agenda kegiatan. Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan sambutan dari pihak Rumah Sakit Universitas Airlangga yang akan memberikan perspektif mengenai pentingnya dukungan emosional dari keluarga dalam proses perawatan pasien.

Selanjutnya, audience menerima leaflet yang berisi materi sosialisasi mengenai pentingnya peran keluarga untuk dukungan emosional bagi pasien. Leaflet ini dirancang untuk membantu mereka mengikuti dan memahami topik yang akan dibahas lebih mendalam. Setelah pembagian leaflet, Sie Pendidikan dan Kesehatan menyampaikan penjelasan komprehensif mengenai dukungan emosional keluarga terhadap pasien. Presentasi ini bertujuan untuk memberikan informasi mendetail dan praktis tentang cara keluarga dapat berperan aktif dalam mendukung pasien. Untuk memperkuat pemahaman peserta, sesi berikutnya akan melibatkan permainan tebak-tebakan terkait materi yang telah disosialisasikan. Aktivitas ini tidak hanya akan menambah semangat peserta tetapi juga membantu mereka untuk lebih mendalami dan mengingat informasi yang diberikan.

Acara kemudian memasuki sesi tanya jawab, dimana peserta dapat mengajukan pertanyaan langsung kepada pemateri. Sesi ini dirancang untuk memberikan klarifikasi dan memperdalam pemahaman peserta mengenai topik yang telah dibahas. Sebagai penutup, MC menyimpulkan acara dan materi sosialisasi yang telah diberikan, meringkas poin-poin penting, dan mengucapkan terima kasih kepada semua peserta atas partisipasi mereka. Pendekatan ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang mendukung dan meningkatkan kesejahteraan pasien melalui pemahaman yang lebih baik tentang dukungan emosional keluarga.

 

Penulis : Anggida Rika Febriyanti
Editor : Anindya Putri Ravina (Airlangga Nursing Journalist)

 

Pin It
Hits 122

Berita Terbaru