INFORMASI TEST ELPT (KLIK DISINI)

Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) di IRNA 3 Rumah Sakit Universitas Airlangga: Mengenal Lebih Jauh tentang Batu Empedu

  • By Alina Ramadani
  • In Ners News
  • Posted 23 September 2024

NERS NEWS – Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Ners Angkatan 2024 Kelompok 1, Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga melaksanakan kegiatan Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) di Ruang Rawat Inap lantai 3 Rumah Sakit Universitas Airlangga pada hari Jum’at, 6 September 2024 pukul 15.00 WIB, dengan topik “Mengenal Lebih Jauh tentang Batu Empedu”.

Kegiatan ini merupakan bagian dari kewajiban mahasiswa profesi ners sebagai bentuk edukasi kepada pasien dan keluarga, sekaligus syarat mahasiswa untuk memenuhi kompetensi sebagai seorang ners. Topik “Mengenal Lebih Jauh tentang Batu Empedu” dipilih untuk diberikan kepada pasien dan keluarga sebagai bentuk edukasi mengenai pencegahan dan pengetahuan tentang batu empedu, sehingga mereka bisa mengenali gejala-gejala yang muncul dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mencegah kondisi tersebut terutama pencegahan yang berkaitan dengan perubahan pola hidup sehat.

Dalam pelaksanaannya, materi tersebut disampaikan oleh mahasiswa dengan penyampaian yang komprehensif serta mendetail, dan tentunya dengan bahasa yang mudah dipahami oleh masyarakat awam. Beberapa materi yang dijelaskan antara lain mengenai pengertian batu empedu, penyebab, faktor risiko, tanda dan gejala batu empedu, komplikasi yang dapat muncul dari penyakit batu empedu, serta pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindari penyakit ini.

Selama sesi penyuluhan, peserta menunjukkan antusiasme yang tinggi karena topik ini relevan dengan pola hidup jaman sekarang yang merupakan faktor risiko dari batu empedu. Setelah pemaparan materi, penyuluhan ini dilanjutkan dengan tanya jawab, beberapa peserta bertanya terkait materi penyuluhan. Hal ini menjadikan penyuluhan ini interaktif dan PKRS terlaksana dengan baik serta sukses. Mahasiswa berhasil menyampaikan informasi yang penting dan bermanfaat, peserta juga dapat menerima dan memahami tentang penyakit batu empedu. Harapannya, melalui kegiatan ini, peserta dapat lebih memahami gejala batu empedu dan mampu mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat untuk menjaga kesehatan mereka. Ini juga menjadi pengalaman berharga bagi mahasiswa dalam menerapkan ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah ke dalam praktik nyata di lapangan.

 

Penulis : Apriliana Fajri Nur Friandhisiwi
Editor : Alina Ramadani (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 53

Berita Terbaru