Penerapan Patient-Family Centered Care Berbasis Virtual Family Visit pada Perawatan Pasien COVID-19

  • By Adelya Putri
  • In Ners News
  • Posted 11 Februari 2021

NERS NEWS- Rumah Sakit Universitas Airlangga merupakan salah satu dari rumah sakit yang menjadi rujukan kasus COVID-19 di Surabaya. Pasien yang terdiagnosis positif COVID-19 dan memerlukan perawatan yang intensif maka harus di rawat di rumah sakit. Pasien yang sedang menjalani masa perawatan di rumah sakit tidak diperkenankan di tunggu oleh keluarga, sehingga mengakibatkan pasien mengalami stress dan merasa jauh dari orang terdekatnya selain itu karena minimnya interaksi antara pemberi asuhan dan pasien menyebabkan pasien dan keluarga kurang mendapatkan informasi terkait penyakit COVID-19 dan penanganannya.

Tema dari kegiatan pengmas ini adalah “Penerapan Patient-Family Centered Care berbasis Virtual Family Visit pada perawatan pasien COVID-19”. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan pasien dan keluarga tentang COVID-19 serta meningkatkan motivasi diri, dukungan sosial dan kualias hidup pasien COVID-19 dalam menjalani perawatan di RS UNAIR. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan oleh Mahasiswa Magister Keperawatan Universitas Airlangga Surabaya Angkatan M13, dengan koordinator Hasanudin, S.Kep., Ns. Kegiatan pengabdian masyarakat telah dilaksanakan pada tanggal 03 Februari 2021 di Rumah Sakit Universitas Airlangga dengan metode daring melalui media Zoom dikarenakan situasi pandemi COVID-19 yang tidak memungkinkan untuk dilaksanakan tatap muka. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah dan sharing session mengenai pendidikan kesehatan COVID-19 kepada pasien dan keluarga melalui Patient-Family Centered Care (FCC) berbasis Virtual Family Visit.

Terdapat 3 pemateri dalam kegiatan ini, materi pertama disampaikan oleh Prof. Dr. Kusnanto S.Kp., M.Kes mengenai dampak positif keterlibatan keluarga dalam penanganan pasien COVID-19, materi kedua disampaikan oleh dr. Alfian Nur Rosyid, Sp. P., FAPSR, FCCP mengenai COVID-19 dengan penatalaksanaanya dan materi ketiga disampaikan oleh Sri Purwanti, S.Kep., Ns, mengenai sistem pelayanan dan perawatan pasien COVID-19. Sebanyak 36 orang yang terdiri dari pasien COVID-19 dan juga keluarga mengikuti kegiatan ini dan juga dilakukan sharing session antara keluarga, pasien, perawat serta dokter melalui break out room di Zoom untuk menjaga privasi mereka. Hasil yang didapat melalui kegiatan ini adalah terdapatnya peningkatan pengetahuan mengenai perawatan COVID-19 di rumah sakit serta pengurangan stres pasien dan keluarga karena dapat bertemu dengan keluarga dan konsultasi kepada perawat serta dokter. Hal ini dikarenakan metode ceramah, diskusi serta konseling dapat memberikan kesempatan kepada pasien dan keluarga untuk mengetahui tentang prosedur perawatan, mengetahui tentang penyakit yang diderita, perkembangan kondisi kesehatan terbaru, dan perawatan diri menjelang pulang serta selama di rumah. Kegiatan pengabdian masyarakat berikutnya diharapkan dapat mencapai sasaran yang lebih luas dan komunitas yang beragam.

Penulis: Hasanudin. S.Kep., Ns
Editor: Handira S.Kep., Ns

Pin It
Hits 163

Terpopuler