MAHASISWA KEPERAWATAN MAGISTER UNAIR SUKSES MENGGELAR PENGABDIAN MASYARAKAT BERTAJUK “PENINGKATAN KETAHANAN KESEHATAN JIWA”

  • By Titis Nurmalita Dianti
  • In Ners News
  • Posted 21 Februari 2021

NERS NEWS - Mahasiswa Magister Keperawatan Unair Peminatan Jiwa angkatan M13 sukses menggelar webinar dengan mengusung tema “Peningkatan Ketahanan Kesehatan Jiwa dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 pada Masyarakat” pada Sabtu, (20/02/2021).

Acara tersebut merupakan salah satu bentuk implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pengabdian Masyarakat. Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB di lima wilayah di Indonesia yaitu di Indramayu Jawa Barat, Semarang Jawa Tengah, Bangkalan Jawa Timur, Samarinda Kalimantan Timur, dan Minahasa Sulawesi Utara.

Sasaran dari kegiatan pengmas ini yaitu masyarakat yang berada di lingkungan sekitar tempat tinggal mahasiswa peminatan jiwa. Selain masyarakat umum, ada juga kader desa dari Jombang dan Bangkalan. Acara ini memadukan kegiatan luring dan daring, dimana peserta dari kelima wilayah tersebut terhubung dengan partisipan dan pembicara melalui platform Zoom.

Pandemi yang masih terus berlangsung, dengan angka peningkatan kasus terkonfirmasi Covid-19 yang masih menunjukkan kategori tinggi tentu tidak hanya mempengaruhi kesehatan fisik namun juga kesehatan mental dari masyarakat. Inilah yang melatarbelakangi mahasiswa magister keperawatan peminatan jiwa untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat ini. Seperti yang disampaikan oleh Anisa selaku koordinator peminatan jiwa M13.

“ Kegiatan ini kami laksanakan sebagai bentuk kepedulian kami selaku mahasiswa khususnya peminatan jiwa terhadap kesehatan mental masyarakat akibat pandemi Covid-19 . Kami akan memberikan edukasi untuk mencegah dampak psikologis dari pandemi, serta memberikan informasi dan langkah-langkah untuk meningkatkan ketahanan kesehatan jiwa.” ujar Anisa.

Ada beberapa hal yang sebelumnya sudah dipersipkan dengan matang sebelum pada akhirnya kegiatan ini sukses digelar. Persiapan untuk kegiatan ini diantarannya menentukan peserta promosi kesehatan, menanyakan ketersediaan peserta untuk mengikuti kegiatan, mengajukan informed consent, serta mengumpulkan peserta promosi kegiatan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada.

Untuk kegiatan secara daring, ada dua materi yang disampaikan oleh pembicara melalui zoom yaitu terkait Peningkatan Ketahanan Kesehatan Jiwa dan Psikosisal, serta materi terkait Pencegahan Penyebaran Covid-19 dengan Adaptasi Kebiasaan Baru 5M.

Anisa beserta tim magister peminatan jiwa M13 berharap dari kegiatan yang telah mereka laksnakan dapat memberikan manfaat serta dampak positif bagi masyarakat dalam menghadapi pandemic Covid-19.

“Harapannya setelah dilaksanakan kegiatan ini, baik kader maupun masyarakat dapat menerapkan langkah-langkah yang telah diedukasikan untuk meningkatkan ketahanan kesehatan jiwa, tidak hanya sampai acara kami selesai namun hingga seterusnya. Kami juga berharap masyarakat dapat menerapkan adaptasi kebiasaan baru yang baik dan benar.” Ujar Anisa.

Penulis : Miftakhul Qorni Isna (Airlangga Nursing Journalist)
Editor : Titis Nurmalita Dianti (Airlangga Nursing Journalist)

Pin It
Hits 72

Terpopuler