Sarjana Keperawatan

Selayang Pandang Program Studi Keperawatan (PS Sarjana dan PS Pendidikan Profesi Ners)

Sejarah berdirinya Program Studi Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga diawali dengan dibukanya Program Studi Diploma IV Perawat Pendidik pada bulan November 1997 yang berada dibawah  Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. Landasan pendirian Program Studi tersebut didasarkan pada tuntutan kebutuhan akan peningkatan layanan keperawatan profesional dan merujuk pada kebijaksanaan pengembangan tenaga kesehatan di Indonesia pada saat itu.

Pendirian Program Studi Keperawatan merupakan hasil upaya bersama antara Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Departemen Kesehatan dan lembaga terkait lain. Sebelum pendirian PSIK atas inisiasi dari Consorcium Health Science (CHS) tokoh-tokoh keperawatan Jawa Timur membentuk Kelompok Kerja (POKJA) Keperawatan pada Bulan Desember 1997 dan selanjutnya  mengadakan lokakarya secara intensif sejak tahun 1998. Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga telah ditunjuk oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan Surat Keputusan dari Dirjen Dikti No : 122/Dikti/Kep/1999, tanggal 7 April 1999 untuk menyelenggarakan Program Studi S1 Ilmu Keperawatan. Pada tanggal 20 Juni 2008 berdasarkan SK Rektor nomor 5404/J03/OT/2008 ditetapkan bahwa PSIK FK Unair berubah status menjadi Fakultas Keperawatan.

Nama  Program Studi  Ilmu Keperawatan  (PSIK) mengalami perubahan menjadi  Program Studi Pendidikan Ners berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Airlangga Nomor 9626/UN3/KR/2013 pada tanggal  28 Juni 2014 dan pada tahun 2018 dengan keputusan Rektor No 898/UN3/2018 tentang Penataan Penamaan Program Studi di Lingkungan Universitas Airlangga berubah nama menjadi Program Studi Keperawatan dengan jenjang sarjana, serta Program Studi Pendidikan Profesi Ners untuk jenjang profesi.

Kurikulum yang digunakan untuk PS Keperawatan adalah kurikulum yang telah disepati oleh Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) dan dikembangkan sesuai kebijakan Universitas Airlangga, kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), masa studi untuk tahap akademik 4 tahun dan masa studi untuk tahap profesi 1 tahun beban studi 146 sks untuk tahap akademik dan 36 sks untuk tahap profesi. Metode pembelajaan yang digunakan diskusi kelompok, simulasi, studi kasus, pembelajaran kolaboratif, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis masalah, dan metode pembelajaran lain, yang dapat secara efektif memfasilitasi pemenuhan capaian pembelajaran. Gelar lulusan tahap akademik adalah Sarjana Keperawatan (S.Kep) dan gelar lulusan tahap profesi adalah Ners (Ns).

Kegiatan capaian pembelajaran dilakukan di Kampus dan di wahana pembelajaran klinik  dan Komunitas. Rumah Sakit yang digunakan untuk memenuhi capaian pembelajaran antara lain RS Dr. Soetomo Surabaya, RS Universitas Airlangga Surabaya, RS Jiwa Menur Surabaya, RS Haji Surabaya. Wahana Pembelajaran Komunias yang digunakan antara lain UPTD Griya Werdha Jambangan Kota Surabaya dan Puskesmas diwilayah kerja Dinas Kesehatan Kota Surabaya.

Capaian peringkat  akreditasi Program Studi Sarjana Keperawatan mendapatkan peringkat A (Sangat Baik) berdasarkan Surat Keputusan Nomor 0240/LAM-PTKes/Akr/Sar/XII/2015, Program Studi Pendidikan Profesi Ners juga mendapatkan peringkat A (Sangat Baik) berdasarkan Surat Keputusan Nomor 0241/LAM-PTKes/Akr/Pro/XII/2015  dari LAM PT Kes, pada tahun 2017 telah tersertifikasi ASEAN University Network (AUN), dan tahun 2019  dalam proses mengajukan akreditasi Internasional ke lembaga Accreditation Agency for Degree Programs in Engineering, Informatics/Computer Science, the Natural Sciences and Mathematics (ASIIN).

Visi PS Keperawatan (PS Sarjana dan PS Pendidikan Profesi Ners)

Menjadi Program Studi Keperawatan yang mandiri, inovatif, terkemuka, pelopor pengembangan ilmu pengetahuan dan praktik keperawatan di tingkat nasional dan internasional, berlandaskan nilai kebangsaan, etik dan  moral agama.

Misi PS Keperawatan (PS Sarjana dan PS Pendidikan Profesi Ners)

Menyelenggarakan tridarma perguruan tinggi dalam lingkup nasional dan internasional berlandaskan nilai kebangsaan, etik, dan moral agama, dengan:

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan akademik dan profesi ners sesuai perkembangan IPTEK
  2. Menyelenggarakan penelitian dasar, klinik dan komunitas  yang inovatif untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat
  3. Menyelenggarakan pengabdian dalam bidang ilmu pengetahuan dan praktik keperawatan kepada masyarakat.

Tujuan PS Keperawatan (PS Sarjana dan PS Pendidikan Profesi Ners)

  1. Menghasilkan lulusan ners yang berkualitas yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan praktik keperawatan berlandaskan nilai kebangsaan, etik dan  moral agama  serta mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.
  2. Menghasilkan penelitian inovatif  yang mendorong pengembangan ilmu pengetahuan dan praktik keperawatan dalam lingkup nasional dan internasional
  3. Menghasilkan pengabdian yang bermanfaat dalam memajukan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat berbasis penalaran dan karya penelitian keperawatan

Panduan-Panduan Program Sarjana Keperawatan:

  1. Academic Study Guide Bachelor of Nursing, Download
  2. Advisory Book Bachelor Nursing Programme, Download
  3. Course Guides Bachelor of Nursing Programme, Download
  4. Guideline of Proposal and Thesis Bachelor, Download
  5. Module Description Bachelor of Nursing Programme, Download
  6. Programme Specification Nursing Programme, Download
  7. Thesis Guidance Book Bachelor Nursing, Download

Program Studi S1 Keperawatan dan Profesi Ners, berdasarkan SK. LAM-PTKes No. 0241/LAM-PTKes/Akr/Pro/XII/2015 mendapatkan Akreditasi A (SANGAT BAIK), Download SK Akreditasi.

Informasi pendaftaran mahasiswa baru, Klik.

Promotional Booklet, Download

Leaflet Sarjana Keperawatan page 1   Leaflet Sarjana Keperawatan page 2

 

 

Pin It
Hits 45120