Kenali Manfaat Tahu

2021-03-31 11:23:16


Bagi Anda pecinta tahu, mendengar kata tahu saja mungkin sudah dapat membuat Anda membayangkan kelezatannya. Di balik teksturnya yang lembut dan lezat, ternyata ada beragam manfaat tahu bagi kesehatan tubuh.

Jenis-jenis Tahu

Tahu berasal dari endapan susu kedelai yang dikentalkan. Ada beberapa jenis tahu yang umum dikonsumsi, yaitu tahu padat, tahu lembut, dan tahu sutra (silken tofu). Ketiga jenis tahu ini memiliki kandungan nutrisi yang serupa satu sama lainnya, hanya saja semakin padat konsistensi tahu, maka kalorinya juga makin tinggi.

Tahu Kaya Akan Mineral dan Rendah Kalori

Tahu termasuk makanan yang rendah kalori, lemak, dan karbohidrat. Di dalam 100 gram tahu hanya terdapat sekitar 70 kalori, 2 gram karbohidrat, dan 4 gram lemak. Tahu mengandung banyak nutrisi, di antaranya ada protein, termasuk asam amino esensial, juga berbagai vitamin dan mineral seperti mangan, kalsium, selenium, fosfor, magnesium, zat besi, seng, dan tembaga. Oleh sebab itu, sangat disayangkan jika Anda tidak menyukai makanan satu ini.

Manfaat yang Diperoleh dari Tahu

Berikut ini adalah manfaat tahu yang perlu Anda ketahui:
1. Mengurangi risiko kanker
Tahu mengandung isoflavon dan antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang kedelai dan produk olahan kacang kedelai, termasuk tahu, dapat menurunkan risiko kanker, terutama kanker prostat, kanker usus besar (kolorektal), dan kanker payudara.
2. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular
Dengan kandungan proteinnya yang tidak kalah tinggi, tahu bisa menggantikan protein hewani dalam menu makanan Anda. Kandungan protein nabati yang ada di dalam tahu diduga berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh, tekanan darah tinggi, dan risiko aterosklerosis. Zat aktif di dalam kedelai pada tahu juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sehingga risiko terkena penyakit jantung dapat berkurang.
3. Osteoporosis
Kandungan isoflavon yang ada di dalam tahu dipercaya dapat meningkatkan kepadatan tulang dan menurunkan risiko pengeroposan pada tulang.
4. Diabetes tipe 2
Menggunakan pola makan sehat yang berbahan dasar kedelai dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Hal ini diduga berkaitan dengan nutrisi di dalam tahu yang dapat membantu memperbaiki kadar lemak dan mencegah resistensi insulin di dalam darah.
5. Baik untuk fungsi otak dan elastisitas kulit
Kandungan isoflavon dan lecithin pada tahu diduga memiliki pengaruh baik terhadap fungsi otak dan ingatan. Selain itu, isoflavon dapat secara signifikan mengurangi keriput dan meningkatkan elastisitas kulit.

Di samping beberapa manfaat tahu di atas, makanan khas Indonesia ini juga merupakan sumber zat besi yang baik dan dapat menurunkan risiko terjadinya anemia.

Referensi :
https://www.alodokter.com/manfaat-tahu-dan-resep-sehat-olahannya

Penulis: Resva Nursyamsiyah
Editor: Rifdayanti M. Amalia


KIRIM TULISAN
LITERASI HIDUP SEHAT