Berbuka dengan Es Buah? Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

2021-04-14 12:00:27


Buah-buahan memiliki banyak khasiat yang berguna bagi kesehatan tubuh manusia. Nutrisi yang ada di dalam buah sangat beragam, antara lain vitamin, mineral, magnesium, zinc, hingga antioksidan. Selain itu, terdapat kandungan serat yang dapat menyehatkan pencernaan kita.

Buah dapat dikonsumsi kapan saja. Usahakan setiap hari Anda memiliki buah dan sayuran dalam menu makanan Anda. Salah satu contohnya, Anda bisa menjadikan buah sebagai sebuah olahan yang menyegarkan, yaitu es buah. Siang yang terik dibasuh suapan es buah tentu sangat menyegarkan. Apalagi isinya bermacam-macam, seperti stroberi, alpukat, nanas, melon, semangka, apel, buah naga, dan lain sebagainya. Bisa dibayangkan betapa sehat dan segarnya minuman yang satu ini.

Untuk lebih detailnya, mari kita intip apa saja kandungan gizi yang ada dalam es buah.

1. Vitamin C

Stroberi dan buah naga penuh akan kandungan vitamin C. Menurut Jill Corleone dari situs livestrong, vitamin C dalam tubuh bertindak sebagai antioksidan, meningkatkan daya tahan tubuh serta melindungi sel-sel dari ancaman radikal bebas.

2. Serat

Buah alpukat dinilai sebagai salah satu sumber serat tertinggi dalam evaluasi nutrisi yang dilakukan oleh University of Florida. Kandungan gizi tersebut juga bagus dalam mengurangi risiko penyakit jantung, mengontrol gula darah dan menjaga kesehatan pencernaan. The Mayo Clinic juga mengungkapkan bahwa serat ampuh dalam menurunkan berat badan dan mencegah gejala iritasi usus besar.

3. Bromelain

Tidak lengkap rasanya jika melewatkan nanas dalam isian es buah. Selain lezat, buah ini ternyata kaya akan bromelain yang merupakan enzim dalam mengurangi peradangan.

4. Fitonutrient

Kandungan zat gizi ini bisa didapatkan dari apel dan alpukat. Beberapa macam fitonutrien seperti lutein dan zeatatin dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

5. Dapat Menghidrasi Tubuh

Saat cuaca sedang panas, kita kerap kali mengalami dehidrasi. Hal ini ternyata bisa dibantu dengan mengonsumsi es buah dengan isian semangka dikarenakan adanya kandungan 92% air dan elektrolit yang bisa membantu Anda untuk menghidrasi tubuh agar terhindar dari dehidrasi.

Nah, itulah sederet manfaat dari es buah yang bisa didapatkan untuk kesehatan tubuh kita. Semoga bermanfaat ya!

 

Sumber :

Nestle. 2021. https://sahabatnestle.co.id/content/gaya-hidup-sehat/inspirasi kesehatan/es-buah-juga-kaya-gizi-lho.html (Diakses pada 11 April 2021).

 

Penulis : Sabita Ibtisamah

Editor : Risky Nur Marcelina


KIRIM TULISAN
LITERASI HIDUP SEHAT