Waspada Penyumbatan Jantung

2021-02-28 02:31:48


Penyumbatan jantung biasanya tidak menunjukkan gejala yang signifikan sampai pembuluh darah benar-benar menyempit dan aliran darah ke otot jantung terhalang. Beberapa gejala umum yang muncul akibat penyumbatan jantung meliputi:
1. Angina pektoris
Angina pektoris adalah nyeri dada akibat berkurangnya suplai darah ke otot jantung. Rasa sakitnya bisa menyebar ke lengan, leher, dagu, dan punggung. Semakin besar sumbatan pada pembuluh darah jantung, semakin berat pula angina pektoris yang terjadi. Kondisi ini dapat berlangsung beberapa menit, dan biasanya muncul karena dipicu oleh aktivitas fisik atau stres.
2. Sesak napas
Adanya penyumbatan jantung bisa membuat jantung tidak dapat memompa cukup darah untuk memenuhi kebutuhan oksigen tubuh. Akibatnya, Anda bisa mengalami sesak napas. Kondisi ini dapat memburuk seiring melakukan aktivitas fisik atau stres.
3. Pusing dan kelelahan
Sering pusing dan kurang berenergi bisa juga menjadi pertanda Anda mengalami gejala penyumbatan jantung. Kondisi ini sering kali terasa saat sedang beraktivitas, tapi terkadang bisa juga terasa saat istirahat.
4. Serangan jantung
Serangan jantung bisa terjadi ketika pembuluh darah jantung sudah tersumbat sepenuhnya atau kebutuhan oksigen jantung sangat tidak terpenuhi. Kondisi ini termasuk gejala penyumbatan jantung paling berat dan harus segera ditangani agar tidak terjadi kerusakan permanen pada otot jantung.
Serangan jantung ditandai dengan angina pektoris yang hebat dan dapat berlangsung hingga lebih dari 15 menit atau tidak hilang dengan beristirahat. Gejala lain yang bisa terjadi adalah keringat dingin, pusing, mual, dan lemas.

Semua gejala penyumbatan jantung dapat berulang bila belum diatasi. Biasanya, gejala terasa lebih sering terjadi jika aktivitas fisik meningkat karena saat itu tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen dan jantung harus bekerja lebih keras.

Cc:https://www.alodokter.com/gejala-penyumbatan-jantung-yang-patut-diwaspadai#:~:text=Penyumbatan%20jantung%20umumnya%20disebabkan%20oleh,kalsium%2C%20dan%20bahan%20pembekuan%20darah.


KIRIM TULISAN
LITERASI HIDUP SEHAT