Tips Atasi Hidung Tersumbat

2021-02-28 03:05:27


Saat penyakit flu menyerang tak ayal banyak dari kita mengeluhkan hidung tersumbat. Hidung tersumbat ini dapat membuat perasaan tidak nyaman hingga kesulitan tidur. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi hidung tersumbat secara alami dan dengan bantuan obat yang bisa dicoba untuk dapat merasakan atau bernapas lebih baik:

1. Gunakan humidifier

Humidifier merupakan cara yang cepat dan mudah untuk mengurangi nyeri sinus dan meredakan hidung tersumbat. Melansir dari Health Line, alat humidifier akan mengubah air menjadi kelembapan yang perlahan mengisi udara, meningkatkan kelembapan di dalam ruangan. Menghirup udara lembab ini dapat menenangkan jaringan yang teriritasi dan pembengkakan pembuluh darah di hidung dan sinus.

2. Mandi air hangat

Uap air hangat dapat membantu mengencerkan lendir di hidung dan mengurangi peradangan. Dengan demikain, mandi air hangat dapat membantu pernapasan Anda kembali normal, setidaknya untuk sementara.

3. Tetap terhidrasi

Jaga agar cairan tetap mengalir saat hidung Anda tersumbat. Hampir semua cairan dapat membantu Anda tetap terhidrasi saat Anda sakit, termasuk air putih, minuman isotonik, dan bahkan jus. Asupan cairan dapat membantu mengencerkan lendir di saluran hidung, mendorong cairan keluar dari hidung dan mengurangi tekanan di sinus. Lebih sedikit tekanan berarti lebih sedikit peradangan dan iritasi. Jika hidung tersumbat Anda disertai dengan sakit tenggorokan, teh dan sup hangat juga akan membantu meredakan ketidaknyamanan di tenggorokan Anda.

 

Penulis : Rizqi Nur Rahma

Editor : Risky Nur Marcelina

 

Referensi : https://health.kompas.com/read/2020/11/17/120500268/9-cara-mengatasi-hidung-tersumbat-secara-alami-dan-dengan-bantuan-obat?page=all


KIRIM TULISAN
LITERASI HIDUP SEHAT