Sulit Tidur? Ini Cara Mudah Mengatasi Insomnia

2021-02-28 04:22:28


Beberapa orang mungkin pernah mengalami insomnia. nsomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya sulit tidur, atau tidak cukup tidur, meskipun terdapat cukup waktu untuk melakukannya. Gangguan tersebut menyebabkan kondisi penderita tidak prima untuk melakukan aktivitas keesokan harinya.

Waktu yang dibutuhkan untuk tidur bisa berbeda-beda pada setiap orang. Tergantung usia, gaya hidup, dan faktor lingkungan. Namun secara umum, orang dewasa membutuhkan tidur malam setidaknya 7-8 jam dalam satu hari. Insomnia ditandai dengan gejala susah tidur, sering terbangun di malam hari, serta tidak bisa tidur meski merasa lelah.

Inilah Cara Mudah Mengatasi Insomnia

Penyebab seseorang mengalami insomnia bisa bermacam-macam, mulai dari akibat gaya hidup, masalah kenyamanan ruangan kamar, hingga adanya gangguan psikologi, masalah kesehatan fisik, dan efek samping obat-obatan. Ada berbagai cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia, di antaranya:

• Gaya Hidup Sehat
Gaya hidup menjadi salah satu faktor pemicu dari insomnia. Kebiasaan merokok, konsumsi kafein berlebihan, makanan yang tidak sehat, hingga kurang bergerak dapat meningkatkan risiko gangguan tidur. Untuk mengatasinya, dapat dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat, misalnya dengan berhenti merokok dan konsumsi makanan yang kaya kandungan nutrisi.

• Atur Jadwal Tidur
Mengatur jadwal tidur bisa memudahkan tubuh beristirahat, sehingga terhindar dari insomnia. Waktu tidur yang tidak tetap atau sering berubah-ubah juga menjadi pemicu insomnia, karena dapat mengganggu ritme sirkadian yang berfungsi mengatur metabolisme tubuh. Hal ini juga akan memengaruhi siklus tidur dan bangun pada pagi hari.

• Suasana Kamar yang Nyaman
Bisa saja insomnia terjadi karena suasana kamar yang tidak nyaman. Jika insomnia terjadi secara berkepanjangan, cobalah untuk mengubah pengaturan kamar atau ganti lampu tidur menjadi lebih redup. Selain itu bisa juga mencoba mengatur suhu kamar agar tubuh terasa lebih hangat.

• Konsumsi Makan Sehat
Hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein sebelum tidur. Sebab, mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung 400 miligram kafein enam jam sebelum tidur dapat memengaruhi kualitas tidur. Selain kafein, meminum alkohol memang dapat membuat seseorang mudah tertidur, tetapi tidak bisa sampai membuat kamu terlelap.

• Berolahraga
Mengatasi insomnia juga bisa dilakukan dengan rutin melakukan aktivitas fisik alias berolahraga. Rutin berolahraga sudah terbukti bisa memberi manfaat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berolahraga bisa membantu mengatur suasana hati, memberi energi lebih pada tubuh, menurunkan berat badan, serta membuat tidur lebih berkualitas.

• Segelas Susu Hangat
Sulit tidur di malam hari salah satunya bisa terjadi karena adanya gangguan pada melatonin, yaitu hormon yang berperan dalam mengatur pola tidur dan bangun tubuh. Kalau kamu mengatasi susah tidur, cobalah untuk mengonsumsi segelas susu hangat pada malam hari atau menjelang waktu tidur. Susu memiliki kandungan kalsium yang membantu otak memproduksi hormon melatonin, sehingga masalah insomnia bisa dihindari.

 


Sumber: halodoc
Penulis dan Editor: Ida Sholihatun Nisa’ (Airlangga Nursing Journalist)


KIRIM TULISAN
LITERASI HIDUP SEHAT