Cara Mudah Menghilangkan Mata Panda

2021-02-28 04:32:33


Beberapa orang yang suka begadang dan jarang tidur bisa menyebabkan mata panda. Mata panda ini membuat seseorang terlihat lelah dan tidak segar. Mata panda adalah istilah untuk menunjukkan munculnya lingkaran hitam di kulit sekitar mata. Kondisi ini biasanya muncul disertai mata bengkak atau sembap. Munculnya lingkar hitam ini umumnya tidak berbahaya dan hanya bersifat sementara.

Penyebab Munculnya Mata Panda

Mata panda umumnya disebabkan oleh kelelahan atau kurang tidur. Selain kurang tidur, mata panda juga bisa disebabkan oleh:
-Menangis terlalu lama
-Mengalami dehidrasi
-Merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol
-Menatap layar komputer dan gawai terlalu lama

Tidak hanya itu, mata panda juga dapat disebabkan oleh proses penuaan. Seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengalami penipisan kulit dan berkurangnya jaringan lemak serta kolagen. Hal ini akan membuat pembuluh darah di bawah mata terlihat menonjol, sehingga warna kulit terlihat lebih gelap. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan mata panda antara lain:

1. Menggunakan kompres dingin
Mata panda terbentuk karena pembuluh darah di bawah kulit sekitar mata melebar. Untuk menghilangkan mata panda, maka bisa memberi kompres dingin di bawah mata guna mengecilkan pembuluh darah yang melebar. Caranya mudah yaitu dengan membungkus es batu dengan kain bersih atau rendam kain di dalam air dingin, lalu ditempatkan di kulit sekitar mata yang menggelap selama 15–20 menit.

2. Mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh
Salah satu penyebab munculnya mata panda adalah kurangnya cairan tubuh atau dehidrasi. Oleh karena itu, sebaiknya minum air putih minimal 8 gelas setiap hari agar kebutuhan cairan tubuh tercukupi. Kekurangan cairan tubuh dapat membuat lesu dan mata panda semakin jelas terlihat.

3. Menggunakan bahan alami
Untuk mengurangi warna gelap pada mata panda, maka dapat dilakukan dengan mengoleskan beberapa bahan alami, seperti minyak almond, minyak zaitun, dan gel lidah buaya. Beberapa riset menunjukkan bahwa bahan-bahan tersebut mengandung antioksidan dan antiradang yang dapat mengurangi warna gelap dan pembengkakan pada mata. Bahan alami ini juga dapat melembapkan kulit di sekitar mata, sehingga membuat mata tampak lebih cerah.

4. Mengompres dengan kantong teh celup
Baik teh hitam atau teh hijau, mengandung kafein dan antioksidan yang mampu memperbaiki sirkulasi darah di kulit dan mencerahkannya. Untuk mengatasi mata panda, mengompres dengan kantong teh basah yang telah didinginkan di dalam kulkas, lalu tempelkan pada mata selama kurang lebih 15–20 menit

5. Meninggikan posisi kepala saat tidur
Cara ini bisa digunakan untuk menghilangkan mata panda sekaligus mengurangi pembengkakan di bawah mata akibat penumpukan cairan. Dapat dilakukan dengan meninggikan posisi kepala saat tidur dengan menumpuk dua bantal atau lebih.

6. Menghindari konsumsi kopi dan minuman beralkohol
Kopi dan minuman beralkohol dapat menyebabkan dehidrasi ringan yang membuat mata panda semakin terlihat jelas. Selain itu, konsumsi kopi berlebihan juga membuat terjaga lebih lama, sehingga mata panda pun semakin sulit hilang.

7. Menggunakan krim mata
Beberapa krim mata, misalnya krim yang mengandung vitamin C, vitamin E, vitamin K, atau ekstrak daun teh, diketahui mampu mengurangi kerutan di kulit dan menyamarkan mata panda. Oleh karena itu, penderita mata panda bisa menggunakan krim mata untuk menghilangkan mata panda. Namun, hasilnya tidak instan. Mungkin perlu menggunakan krim mata selama beberapa minggu hingga mata panda bisa tampak lebih samar.

8. Mencukupi waktu tidur
Kelelahan dan kurang tidur merupakan salah satu penyebab paling umum munculnya mata panda. Oleh karena itu, untuk menghilangkan mata panda, Anda perlu mencukupi waktu tidur, yaitu sekitar 7–9 jam setiap malam. Hindari kebiasaan sering tidur terlalu malam atau begadang.


Sumber: alodokter
Penulis dan Editor: Ida Sholihatun Nisa’ (Airlangga Nursing Journalist)


KIRIM TULISAN
LITERASI HIDUP SEHAT