2022-10-04 07:37:49
Sektor medis telah mempercayakan banyak proses dan layanan penting kepada teknologi informasi dan komunikasi, sehingga menawarkan layanan berkualitas yang lebih efisien kepada pasien. Saat ini melalui telepon genggam seseorang dapat mengakses internet, berkomunikasi dengan siapa saja, selalu mengetahui lokasi yang akurat dan memilih rute terbaik ke tujuan yang diinginkan. Pengembangan sistem yang memanfaatkan inovasi ini sangat penting di sektor layanan medis darurat (EMS) dan dalam respons perawatan kesehatan darurat pra-rumah sakit (Mitropoulos et al., 2021).
Ambulans merupakan salah satu komponen Emergency Medical Services (EMS). Ambulans adalah sebuah alat transportasi gawat darurat yang digunakan oleh Rumah Sakit, Puskesmas, atau instansi-instansi terkait yang berfungsi untuk menolong masyarakat yang membutuhkan pertolongan medis. Sejak awal penggagasannya, ambulans berfungsi sebagai kendaraan transportasi pasien dari suatu lokasi ke tempat tujuan lain untuk mendapat perawatan medis lebih lanjut. Seiring perkembangan jaman dan teknologi kedokteran, ambulans kini telah dilengkapi dengan peralatan medis dan tenaga medis, sehingga bukan hanya menjadi kendaraan untuk membawa pasien saja, saat ini juga memungkinkan untuk melakukan tindakan medis di dalam ambulans karena telah dilengkapi berbagai peralatan medis di dalamnya (Simamora et al., 2020). Setiap ambulans diikuti oleh dua orang perawat dan dilengkapi dengan oksigen, defibrilator, ventilator, long spine board, dan bidai (Massie, 2019)
Ambulan gawat darurat dapat menangani pasien, memberikan pertolongan pertama dan melakukan perawatan intensif selama dalam perjalanan menuju rumah sakit tujuan (Rahayu & Hartiningsih, 2020). Sebuah sistem aplikasi berbasis Android dengan nama Ambulance Online, yaitu sebuah aplikasi pelayanan publik atau public service dalam menyediakan transportasi ambulans bagi masyarakat yang membutuhkan ambulans. Aplikasi ini dilengkapi dengan layanan informasi geografis berbasis Google Maps untuk menampilkan informasi lokasi serta dilengkapi dengan notifikasi yang dapat memberikan pemberitahuan informasi pemesanan ambulans secara cepat kepada masing-masing user atau dengan kata lain, Aplikasi Ambulance Online berbasis Android dilengkapi dengan layanan informasi geografis dengan memanfaatkan fitur peta yang terintegrasi dengan Google Maps API. Hal ini bertujuan agar user dapat mengetahui lokasi user lain yang terlibat dalam sebuah pesanan ambulans. Aplikasi Ambulance Online berbasis Android dilengkapi dengan terintegrasi dengan fitur notifikasi dengan memanfaatkan Firebase Cloud Messaging (FCM) yang berguna untuk memberikan informasi berupa notifikasi pesanan ambulans dengan cepat (Simamora et al., 2020).
Dengan ambulan berbasis android, ambulans mencapai lokasi pasien dan menjemputnya. Kemudian sensor dilampirkan ke pasien dan pembacaan dikirim ke database dari aplikasi. Orang di rumah sakit dari situs web dapat mengakses ini. Orang di rumah sakit memverifikasi apakah fasilitas yang dibutuhkan pasien tersedia atau tidak dan mengirim balasan yang sesuai. Hal ini dilakukan dalam rangka mempersiapkan pelayanan sebelum pasien tiba di rumah sakit. (Fathima et al., 2019). Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dalam bidang mobile adalah solusinya. Aplikasi mobile berbasis Android untuk memanggil ambulans masyarakat diharap dapat merasa lebih tenang dalam situasi panik. Location-based service digunakan untuk melengkapi fitur aplikasi dibuat (Madda et al., 2019).
Contoh RS yang menggunakan ambulans online adalah RSUD Purwakarta (Pemkab Purwakarta Luncurkan Sistem Pelayanan Ambulance Online, 2016). Mayoritas masyarakat Indonesia tidak mengetahui cara menghubungi ambulans ketika mereka berada dalam situasi darurat dan membutuhkan tenaga medis. Ketidaktahuan ini dapat berakibat fatal bahkan dapat menyebabkan seseorang kehilangan nyawa. Berdasarkan latar belakang diatas, tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan terutama saat melakukan pemesanan ambulan dan memastikan masyarakat sampai ke rumah sakit dengan tepat waktu, Pemesanan juga dapat diakses dengan mudah oleh setiap masyarakat dan mempermudah pemesan dalam melakukan pembayaran tanpa harus antri di loket pembayaran atau administrasi. Diharapkan dengan adanya aplikasi ambulan online ini, memberikan kemudahan dalam pelayanan tanggap darurat sehingga diharapkan dapat menolong orang-orang yang membutuhkan, selain itu, masyarakat paham dan mampu menggunakan aplikasi sehingg keselamatan pasien dan tingkat kepuasan terhadap pelayanan kesehatan terutama keperawatan semakin meningkat.
Penulis : Dia Metasari