Program Magister

Keperawatan

Magister Keperawatan (M.Kep)

Profil

Program studi magister keperawatan merupakan salah satu prodi yang ada di fakultas keperawatan universitas airlangga yang berdiri sejak tahun 2008 berdasarkan SK Rektor nomor 4311/J03/OT/2008. Program Studi Magister Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga terdiri dari empat (4) peminatan yaitu Keperawatan Medikal Bedah, Keperawatan Komunitas, Keperawatan Jiwa, dan Manajemen Keperawatan. Kurikulum yang digunakan mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dengan beban studi 43 sks yang ditempuh dalam kurun waktu 3 semester.
Metode pembelajaran di Program Studi Magister Keperawatan Universitas Airlangga meliputi diskusi terfasilitasi, diskusi kelompok, simulasi, studi kasus, pembelajaran kolaboratif-kooperatif, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis masalah, atau metode pembelajaran lain, yang dapat secara efektif memfasilitasi pemenuhan capaian pembelajaran lulusan dengan menitikberatkan pada metode Student Centered Learning (SCL). Metode lain yang digunakan untuk mendukung proses pembalajaran adalah melalui pembelajaran daring misalnya e-learning, MOOC, dan lain-lain. Pada saat ini metode pembelajaran yang digunakan adalah blended learning yang merupakan kombinasi luring dan daring.
Proses pembelajaran di Magister Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga dilakukan di kampus dan lahan praktik. Lahan praktik yang digunakan meliputi rumah sakit, puskesmas, dinas kesehatan dan panti. Beberapa lahan praktik yang bekerjasama dengan FKP adalah RS Dr. Soetomo Surabaya, RS Universitas Airlangga Surabaya, dan RS diluar negeri, RS Menur Surabaya, UPTD Griya Werdha Jambangan Kota Surabaya dan Puskesmas diwilayah kerja Dinas Kesehatan Kota Surabaya.
Program Studi Magister Keperawatan telah terakreditasi dengan peringkat A (Sangat Baik) berdasarkan Surat Keputusan Nomor 0221/LAM-PTKes/Akr/Mag/IV/2018, dan tahun 2019 dalam proses mengajukan akreditasi Internasional ke lembaga Accreditation Agency for Degree Programs in Engineering, Informatics/Computer Science, the Natural Sciences and Mathematics (ASIIN).

Periode Penerimaan:

1 Kali/Tahun

Akreditasi Nasional

A LAM-PTKes

lembaga akreditasi yang bertugas melakukan proses akreditasi di bidang kependidikan.

Akreditasi Internasional

ASIIN

Accreditation in Engineering Computer Sciencies Natural Sciences Mathematics

Masa Studi

2 Tahun

Pelaksanaan Program

Full Time

Pelaksanaan Kuliah

On Campus

Visi, Misi dan Tujuan

Visi

Menjadi Program Studi Magister Keperawatan yang mandiri, terkemuka, pelopor pengembangan ilmu pengetahuan dan praktik keperawatan dengan keunggulan innovation in caring pada Penyakit Tidak Menular di tingkat nasional dan internasional, berlandaskan nilai kebangsaan, etik dan moral agama”.

Misi

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan Pendidikan Magister Keperawatan sesuai perkembangan IPTEK.
  2. Menyelenggarakan penelitian dasar, klinik dan komunitas yang inovatif dan teruji untuk mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni dalam bidang keperawatan atau praktik keperawatan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian dalam bidang ilmu pengetahuan dan praktik keperawatan kepada masyarakat berlandaskan nilai kebangsaan, etik dan moral agama.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan Magister Keperawatan berkualitas yang unggul, mandiri, inovatif, dan mampu berkarya dalam bidang keperawatan dengan keunggulan innovation in caring pada penyakit tidak menular berdasarkan etik dan moral agama yang dapan bersaing di tingkat nasional maupun internasional.
  2. Menghasilkan penelitian keperawatan dasar, klinik, dan komunitas yang inovatif untuk mendorong pengembangan keperawatan pada penyakit tidak menular di tingkat nasional dan internasional.
  3. Menghasilkan pengabdian masyarakat berbasis penalaran dan karya penelitian karya penelitian yang bermanfaat dalam pemberdayaan masyarakat secara inovatif agar mampu menyelesaikan masalah keperawatan penyakit tidak menular.